Legislator

Target Firdaus, Dua Pekan PPKM di Pekanbaru Turun ke Level 1

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT.

GILANGNEWS.COM - Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus menargetkan dalam dua pekan ke depan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun level menjadi level 1. 

''Indikator untuk dapat berada pada PPKM level 1 hampir dicapai Kota Pekanbaru. Salah satunya tingkat capaian vaksinasi Covid-19, kata Firdaus, hari ini.

Salah satu syarat untuk turun menjadi level 1 adalah capaian vaksinasi dosis satu sebesar minimal 70 persen, dengan capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia (Lansia) sebesar 60 persen. 

"Kami harapkan dua pekan kedepan bisa masuk level 1. Karena tipis sekali lagi, tingal sedikit lagi kita masuk level 1," tambah Firdaus.

Menurutnya, yang jadi fokus saat ini adalah untuk capaian vaksinasi Lansia. Masih ada 14.485 orang yang harus menjalani vaksinasi Covid-19. Ia telah meminta camat dan lurah agar melakukan pendataan ulang lansia. 

Bagi mereka yang belum menjalani vaksinasi agar segera dilakukan vaksin dengan layanan jemput bola. 

Kemudian fokus yang kedua adalah terkait tracing atau penelusuran kontak erat. Untuk bisa masuk ke level satu, penelusuran kontak erat harus 1 banding 14.

"Satu kasus dengan 14 orang kontak erat harus kita lakukan. Ini sebenarnya ringan, rata-rata kasus kita satu hari sudah dibawah sepuluh. Jika rata-rata 10 kasus , berarti hanya 140 orang se-Kota Pekanbaru," terangnya. 

Firdaus mengaku, untuk mengejar hal tersebut dibentuk tiga tim. Pertama tim tracing yang dipimpin langsung Wakil Walikota Pekanbaru. Lalu tim percepatan vaksinasi yang dipimpin Sekretaris Daerah Pekanbaru, dan untuk disiplin Prokes dipimpin Dandim.


Tulis Komentar