Nasional

Daftar 10 Dewan Pengarah BRIN Pimpinan Megawati

Megawati Soekarnoputri.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo resmi melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10). Total sebanyak 10 orang yang akan mengisi struktur Dewan Pengarah BRIN.

Selain Megawati yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah, Jokowi turut melantik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa yang akan mengisi jabatan masing-masing sebagai wakil ketua.

Sementara itu Akademisi dari Universitas Negeri Jakarta, Sudhamek Agung Waspodo Sunyoto didapuk sebagai sekretaris. Berturut-turut sebagai anggota yakni Prof Dr Emil Salim, Ir I Gede Wenten, Bambang Kesowo, Prof Dr Adi Utarini, Marsudi Wahyu Kisworo dan Tri Mumpuni.

"Agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab," pesan Presiden Jokowi dalam sumpah pelantikan di Istana Negara, Rabu (13/10).

Loading...

Sebelumnya, pemerintah memisahkan BRIN dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Kemenristek dilebur dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada awal tahun ini.

Setelah itu, BRIN pun berdiri sebagai lembaga sendiri. Laksana Tri Handoko, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) didapuk sebagai Kepala BRIN.

Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 melansir aturan unit bernama Dewan Pengarah BRIN. Pasal 7 ayat (2) perpres itu menyebut Ketua Dewan Pengarah BRIN dijabat secara ex-officio oleh Ketua Dream Pengarah BPIP.

Saat ini, jabatan itu dipegang oleh Megawati. Ketua Umum PDIP itu telah memimpin Dewan Pengarah BPIP sejak 22 Maret 2018.

Dewan Pengarah BRIN:

1. Megawati Soekarnoputri (Ketua)
2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Wakil Ketua)
3. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa (Wakil Ketua)
4. Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto (Sekretaris)
5. Emil Salim (Anggota)
6. I Gede Wenten (Anggota)
7. Bambang Kesowo (Anggota)
8. Adi Utarini (Anggota)
9. Marsudi Wahyu Kisworo (Anggota)
10. Tri Mumpuni (Anggota)


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar