Riau

BBKSDA Riau Ungkap Penyebab Kematian Harimau Yang Ditemukan di Bengkalis

Bangkai Harimau.

GILANGNEWS.COM - Tim medis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menjelaskan penyebab Harimau Sumatera yang ditemukan mati di Bengkalis.

Dimana satwa tersebut saat ditemukan dengan kondisi kaku, kaki kiri depannya terkena jerat seling baja yang dipasang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, Rabu (20/10/2021), menyebut bahwa kematian satwa dilindungi itu diketahui setelah tim medis selesai melakasakan nekropsi. 

"Dari hasil neukropsi dan pemeriksaan secara patologi anatomi, penyebab kematian satwa tersebut diduga karena dehidrasi berat, kekurangan nutrisi, serta infeksi pada kaki depan sebelah kiri," terang Fifin. 

Tim medis lebih kurang 3 jam membedah satwa tersebut di klinik satwa BBKSDA Riau pada Minggu (17/10/2021), yang dipimpin oleh drh Danang. 

"Harimau berjenis kelamin betina, berumur lebih kurang 4 atau 5 tahun, remaja dan belum pernah melahirkan," ulasnya. 

Identifikasi satwa tersebut diketahui panjang tubuh 190 cm, panjang badan 103 cm, tinggi badan 91 cm, lingkar dada 86 cm dan panjang ekor 74 cm. 

"Diperkirakan bahwa individu tersebut terjerat lebih dari 5 hari dan sudah mati kurang dari 24 jam sebelum ditemukan," kata Fifin mengakhiri.


Tulis Komentar