Legislator

Plt Kadiskes Kumpulkan 20 Unit Ambulance Puskesmas, Hasilnya Sangat Mengejutkan

Plt Kadiskes memeriksa satu persatu mobil ambulance
Loading...

GILANGNEWS.COM - 20 Unit Ambulance dari 20 Puskesmas yang tersebar di Kota Pekanbaru Senin (1/11)  dikumpulkan seluruhnya dilapangan parkir RSD Madani oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pekanbaru dr Arnaldo Eka Putra SpPD 

Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi ambulance milik pemerintah ini apakah masih layak pakai atau tidak untuk melayani masyarakat kota Pekanbaru.

Disamping itu juga Kadiskes juga mengumpulkan seluru Pegawai RSD Madani, pegawai Diskes Pekanbaru serta seluruh kepala Puskesmas se Kota Pekanbaru.


Hasilnya, hampir seluruh ambulance tidak dalam kondisi yang baik dalam memberikan  jasa layanannya, dan disarankan kepada para supir ambulance itu melaporkan dan berkoordinasi dengan kapus masing puskesmas untuk segera melakukan perbaikan unit ambulance tersebut. 

Loading...

"Kita sengaja meminta seluruh ambulance puskesmas itu dikumpulkan di RSD Madani senin pagi, dan memang kita mau cek, apakah terawat atau tidak. Ternyata setelah kita cek kondisinya tidak baik, dan perlu perhatian para kapus untuk segera memperbaikinya, " kata Naldo. 

Kondisi dari jejeran ambulance dipelataran parkir RSD Madani itu ada yang tidak lagi layak untuk digunakan, Kadiskes langsung perintahkan untuk di kandangkan. Seluruh Puskesmas pun diminta untuk membuat kandang khusus ambulance supaya ambulance bisa lebih terawat. 

Ditegaskan Naldo yang juga merupakan Direktur RSD Madani ini, soal sarana dan prasarana di seluruh puskesmas, khususnya ambulance yang diberikan oleh pemerintah kota itu dijaga dan dirawat dengan baik. 

"Jika ada yang rusak itu harus diperbaiki cepat, bukan ditunggu sampai hancur dulu. Ini yang perlu diperhatikan, jangan pandai memakai saja, tapi merawat nya tak bisa, " ujarnya. 

Artinya, ketika sudah diberikan fasilitas kendaraan, maka harus dijaga, dibuatkan kandangnya, apalagi ambulance ini yang dibawa itu orang sakit, kondisinya harus baik, dan terawat dan aman dan nyaman saat membawa pasien. "Harus dibuatkan kandangnya untuk parkir biar umur kendaraannya lama, dan ada pertanggungjawabannya terhadap unit ini, " katanya lagi. 

Ditegaskan Naldo, sebulan kedepan kita akan lihat lagi, apakah kendaraan yang rusak tadi sudah diperbaiki atau belum dan kita juga akan kumpulkan kembali disini. 

"Jika belum juga diperbaiki dan kondisi ambulance masih seperti itu, maka dinas akan ambil sikap tegas terhadap Kapusnya, " tutur Naldo. 

Ditegaskan Naldo lagi, bahwa tujuan dari dikumpulkannya para pejabat dinas Kesehatan, dan para kepala puskesmas, serta pejabat RSD Madani Pekanbaru ialah, untuk menimbulkan rasa kebersamaan dan tanggungjawab yang sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang Kesehatan.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar