Nasional

Tak Ditemani Kasal & Kasau, Jenderal Andika Bilang 'Enggak Enak Masih Ada Panglima'

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Andika Perkasa.

GILANGNEWS.COM - Jenderal Andika Perkasa melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR RI. Andika pun hadir tanpa didampingi KSAL Laksmana Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Kan belum resmi, Enggak enak lah kan masih ada Panglima TNI-nya," kata Andika usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Sabtu (6/11).

Dia menjelaskan tidak ada tradisi dalam tubuh TNI terkait panglima TNI mengantarkan calon panglima TNI untuk mengikuti fit and proper tes.

"Sebetulnya enggak ada tradisi, enggak ada tradisinya emang," katanya.

Sebelumnya, saat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Gedung DPR, ia didampingi oleh Jenderal Gatot Nurmantyo serta kepala staf lainnya.

"Saya pak Kasal, Pak Kasad mendampingi pak Hadi. Bukan mendampingi, mengantar saja. Sebagai wujud yang pertama bahwa Pak Kasad, Kasal seniornya Pak Hadi secara akademik tiga tahun," kata Gatot di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017) silam.

Menurut Gatot, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sangat tepat memilih Hadi sebagai calon penggantinya. Ia juga yakin Jokowi memilih Hadi karena dianggap mampu mengawal tahun politik di 2018 dan 2019.

"Kedua mengapa presiden tak memilih Kasad Kasal tapi Hadi sama-sama potensinya karena mengawal pesta Demokrasi di tahun politik itu bukan hanya 2018 sampai 2019," ungkapnya.

Untuk diketahui, hari ini komisi I menggelar fit and proper test pada calon Panglima TNI pilihan Jokowi yakni Marsekal Hadi Tjahjanto. Dalam rapat kali ini komisi satu akan mendalami beberapa hal termasuk salah satunya adalah isu korupsi di internal TNI.


Tulis Komentar