Nasional

Kabar Terkini Anak Akidi Tio di Kasus Prank Donasi

Anak Akidi Tio, di tengah, bernama Heryanty.

GILANGNEWS.COM - Masih ingat kehebohan prank hibah bodong Rp 2 triliun keluarga mendiang Akidi Tio ke polisi? Kini, catatan kondisi putri Akidi Tio bernama Heryanty sudah dipegang polisi.
Sebelum mengetahui kabar terkini soal putri Akidi Tio itu, silakan simak perjalanan kasus heboh ini dari awal kemunculannya.

Seremonial awal kehebohan

26 Juli 2021, Irjen Eko Inda Heri, yang saat itu menjabat Kapolda Sumatera Selatan, menerima secara simbolik hibah Rp 2 triliun. Hibah ditujukan untuk penanganan COVID-19.

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19," kata Irjen Eko Indra, 26 Juli lalu.

Hibah itu berasal dari peninggalan ayah Heryanti, yakni mendiang Akidi Tio, pengusaha asal Aceh. Saat itu, acara simbolik tersebut disaksikan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Komandan Korem Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus.

Irjen Eko mengaku mengenal keluarga Akidi Tio saat dirinya bertugas di Aceh Timur. Saat itu Eko menjabat Kasat Reskrim Polres Aceh Timur.

Ternyata prank

Belakangan, dana Rp 2 triliun itu tak kunjung cair. Polisi kemudian memeriksa Heryanty pada 2 Agustus. Hasilnya, dana Rp 2 triliun yang dijanjikan dalam bentuk bilyet giro itu tak ada. Hal senada disampaikan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Ternyata itu cuma prank.

"Sampai hari kemarin, kami sudah melakukan analisis dan pemeriksaan, dan dapat disimpulkan kalau uang yang disebut dalam bilyet giro itu tidak ada," ujar Kepala PPATK Dian Ediana Rae kepada wartawan, Rabu (4/8).

Heryanty dilaporkan ke polisi oleh dokter

Heryanty dilaporkan ke polisi atas kasus dugaan penggelapan dan penipuan uang senilai Rp 2,5 miliar. Ini adalah kasus lain lagi di luar kasus prank ke polisi itu. Pihak yang melaporkan adalah dokter di Palembang bernama Siti Mirza.

Kasus itu diketahui dari laporan polisi nomor LP/B/704/VIII/2021/SPKT/POLDA SUMATERA SELATAN seperti yang kita lihat 9 Agustus lalu. Dalam laporan itu, Siti menyebut dirinya merasa ditipu Rp 2,5 miliar oleh terlapor, Heryanty.

Heryanti diperiksa dokter

Heryanti putri Akidi Tio mengalami sakit. Dia lantas diperiksa di Rumah Sakit di Palembang. Penegak menunggunya pada September lalu.

"Kita masih menunggu laporan hasil observasi kejiwaan Heryanty dari tim dokter RS," kata Direskrimum Polda Sumsel Kombes Hisar Siallagan ketika ditanyai kelanjutan kasus prank Rp 2 triliun dan laporan dugaan penipuan terhadap seorang dokter di Palembang, 24 September lalu.

Setelah selesai pemeriksaan, Heryanty pulang ke rumahnya. Soal kondisi kejiwaan, Heryanty juga pernah diperiksa pada 6 Agustus tapi hasilnya tidak disampaikan otoritas.

Bagaimana kabar terkini Heryanti putri dari Akidi Tio?

Kabar terkini

Polisi telah menerima hasil pemeriksaan kejiwaan Heryanty Tio. Meski begitu, hasil pemeriksaan belum juga diungkap ke publik.

"Kita sudah menerima laporan hasil pemeriksaan kejiwaannya, kita mau konsultasikan dulu, kita periksa nanti. Laporannya itu ada tujuh lembar, mungkin kaitannya dengan kondisi-kondisi yang kita butuh penjelasan," kata Dirreskrimum Polda Sumsel, Kombes Hisar Siallagan, ketika dimintai konfirmasi soal kelanjutan kasus anak Akidi Tio itu, Senin (8/11/2021).

Hisar mengatakan polisi masih membutuhkan keterangan dari beberapa dokter ahli untuk menjelaskan hasil pemeriksaan itu. Dia belum menjelaskan kapan Heryanty akan diperiksa lagi.

"Bahasa-bahasanya ilmiah, jadi dari dokter ahli itu akan kita BAP. Dokternya nanti kita jadwalkan untuk kita mintai keterangan untuk menjelaskan hasil (pemeriksaan) itu dalam BAP," kata Hisar.

Hisar mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait dua kasus yang menyeret nama Heryanty. Kasus pertama terkait prank hibah Rp 2 triliun. Kasus kedua ialah dugaan penipuan yang dilaporkan seorang dokter di Palembang.

"Masih kita dalami semua keterangan-keterangan," jelasnya.


Tulis Komentar