Riau

Fakultas Kedokteran Univrab Akan Berdiri Di Rimbo Panjang Kabupaten Kampar

Pihak Yayasan Abduran dan sejumlah pejabat pemerintah yang hadir, berpose bersama usai peletakan batu pertama rencana pembangunan Kampus III Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab di Rimbo Panjang, Tambang, Kampar, Jumat (26/11).

GILANGNEWS.COM - Mewakili Kapolres Kampar, AKBP Rido Purba, Kapolsek Tambang, Iptu Mardani Tohenes Lesa menyatakan kesiapannya mengawal proses pembangunan Kampus III Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab (Univrab) di Rimbo Panjang, Tambang, Kampar, hingga selesai.

Hal ini diungkapkannya saat diminta menyampaikan kata sambutan saat acara seromonial peletakan batu pertama rencana pembangunan kampus tersebut, di Jalan Lintas Bangkinang-Pekanbaru, Jumat (26/11).  

Selain Pembina Yayasan Abdurrab dr Susiana Tabrani, Ketua Yayasan Abdurrab, dr Ivan Tabrani, Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini, hadir juga Kasi Pers Korem 031/WB Letkol Caj Paham Priyono mewakili Danrem 031/WB, Brigjen. TNI M. Syech Ismed.

Kemudian hadir juga Wakil Ketua DPRD Kampar, Toni Hidayat, perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Kampar dan undangan penting lainnya.

Dikatakan Iptu Mardani, ia mengaku, cukup mengenal lahan yang akan dibangun kampus Universitas Abdurrab ini dan ia memastikan lahan seluas sekitar 2 hektare yang akan digunakan tak ada masalah sengketa.

“Kalau ada yang ingin mengganggu, kita siap mengawalnya hingga pembangunan kampus ini selesai. Tapi hemat kami, lahan ini tak ada masalah dan saya tau pemiliknya bernama Arbain,” ujar Iptu Mardani, disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.

Disebutkannya juga, sepengetahunnya Arbain memiliki lahan yang cukup luas di daerah tersebut. Hanya saja lahan itu tidak dihuninya, karena ia tinggal di tempat lain. Dengan begitu, ada pihak-pihak yang ingin menguasainya.

“Jadi, kalau nanti dalam proses pembangunan kampus ini ada pihak-pihak yang menganggu, kita siap bantu mengawalnya, sampai kampus ini selesai tengak berdiri,” tambahnya.

Sementara Pembina Yayasan Abdurrab DR. dr. Susiana Tabrani, M.Pd, menyatakan kalau peletakan batu pertama ini adalah upaya pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana serta mutu pendidikan di Universitas Abdurrab. 

"Sudah lama kita ingin ada kampus di daerah sini, dan hari ini, cita-cita besar itu akan kita wujudkan dengan kegiatan peletakan batu pertama ini,” katanya.

Tahap awal, pihaknya akan menggesa pembangunan Rumah Sakit Fakultas Kedokteran, baru nanti dilanjutkan dengan fasilitas-fasilitas lainnya, seperti ruang belajar, ruang pertemuan dan apartemen mahasiswa serta fasilitas penunjang lainnya di atas lahan 4 hektar pada tahan awal. 

"Yang pertama memang kita gesa rumah sakit dulu, tipe D, karena ini memang penting, kebutuhannya untuk Fakultas Kedokteran. Kita targetkan secepatnya ini bisa fungsional," katanya. 

Disebutkannya juga, saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab merupakan satu-satunya Fakultas Kedokteran swasta di Riau. Harapannya, dengan dibangunnya Kampus 3 yang di dalamnya ada Rumah Sakit Fakultas Kedokteran ini, nantinya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Riau untuk mendapatkan pendidikan khususnya yang ingin kuliah kedokteran. 

Rektor Universitas Abdurrab Prof. Susi Endrini, menambahkan saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab terakreditasi B. Harapannya dengan penyempuranaan sarana dan prasarana bisa mencapai terakreditasi A atau unggul. 

"Makanya harapan kita adanya pembangunan Kampus 3 ini di dalamnya ada rumah sakit pendidikan dan fasilitas modern lainnya, serta kurikulumnya yang bagus, diharapkan bisa mencapai target akreditasi unggul tersebut," harapnya.


Tulis Komentar