Nasional

Penjelasan GP Ansor Soal Balantas

Balantas GP Ansor.

GILANGNEWS.COM - GP Ansor memiliki unit Banser Lalu Lintas (Balantas). Di mana unit ini memiliki tugas untuk membantu kelancaran lalu lintas bagi masyarakat.

Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor, Luqman Hakim mengatakan, seragam balantas sendiri mirip dengan polisi lalu lintas yang memakai rompi hijau stabilo. Mereka juga mengenakan topi persis polantas dan aksesori terkait lainnya.

"Fungsinya sebetulnya kalau misalnya ada permintaan bantuan dari polisi untuk urusan lalu lintas mereka yang kita terjunkan, bantuan kalau di minta aparat, itu dibawah naungan Ansor," katanya saat dihubungi, Kamis (2/11).

Dia mengungkapkan, ada sekitar 60 sampai 70 persen anggota Balantas di Pulau Jawa. Namun, belum semua cabang Ansor di daerah memiliki satuan Balantas.

"Selain Bagana Banser tanggap bencana kita kan ada beberapa divisi yang kita persiapkan untuk pelayanan ke masyarakat," terang Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Menurutnya, sejauh ini tugas Balantas tidak tumpang tindih dengan kepolisian. Justru, Balantas siap membantu polisi jika dibutuhkan.

"Kita siapkan diri kala teman-teman polisi butuh tambahan bantuan, atau misalnya itu untuk kegiatan internal kita, skalanya bisa kita tangani sendiri," kata dia.

Wasekjen DPP PKB ini melanjutkan, Balantas juga bisa mengawal ambulans untuk kelancaran jalan. Intinya, selama ada permintaan bantuan dari polisi.

"Pokoknya segala bantuan yang dibutuhkan untuk kelancaran lalu lintas itu bisa dibutuhkan sepanjang ada permintaan dari teman teman kepolisian," pungkasnya.


Tulis Komentar