Nasional

Inilah Penjelasan Polisi, Ramai Terkait Tagar SiskaeeeBukanMuslim

Polda DIY Memamerkan Siskaeee Memakai Baju Tahanan.

GILANGNEWS.COM - Tagar #SiskaeeeBukanMuslim menggema di media sosial Twitter pagi ini. Hal itu buntut dari penampilan Siskaeee atau yang bernama asli Fransiska Candra Novitasa (23) saat yang berjilbab saat diperiksa Polda DIY beberapa waktu lalu.

Dalam beberapa kesempatan, seperti tiba di Polda DIY, pemeriksaan dan penggeledahan di kamar kosnya, Siskaeee tampil dengan jilbab warna hitam. Namun, ramai netizen yang menyebut Siskaeee bukan seorang muslim. Selain itu, Siskaeee saat diamankan di Stasiun Kota Bandung, Sabtu (4/12), pemilik nama Fransiska Candra N itu tampil tanpa mengenakan jilbab. Warganet kemudian mempertanyakan keyakinan Siskaeee dan meminta polisi agar tidak main-main dengan identitas.

Salah satu akun di Twitter @Lord*** lalu mengajak netizen untuk meramaikan tagar #SiskaeeeBukanMuslim. Berikut ini cuitannya seperti yang kita lihat, Rabu (8/12/2021):

wips, berhubung si siskaeee alias Fransisca dipakein jilbab panjang pas ditangkep polisi.. gue kagak mau itu jadi fitnah terhadap Islam.

Maka nyok kite ramein hestek:

#SiskaeeeBukanMuslim

Penjelasan Polda DIY Soal Jilbab Siskaeee

Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto saat dimintai konfirmasi terkait tagar tersebut mengatakan jika Siskaeee muslim.

"Saya kemarin sempat tanya yang bersangkutan, 'apakah kamu muslim?'. Dia (Siskaeee) jawab iya. Ketika saya tanya apakah salatmu tertib, dia jawab tidak, tapi masih salat," kata Yuli kepada wartawan, Rabu (7/12/2021).

Yuli juga memastikan keterangan dari Siskaeee itu dengan mengecek KTP tersangka. Kemudian diketahui jika dalam KTP itu tertulis agama Islam dan di kartu identitas itu foto Siskaeee juga menggunakan jilbab.

"KTP nya Islam. Foto KTP yang bersangkutan juga pakai jilbab," sebutnya.

Soal perbedaan penampilan Siskaeee saat diamankan di Bandung dan saat pemeriksaan, Yuli menegaskan hal itu karena permintaan dari Siskaeee sendiri. Polisi pun kemudian mengabulkan permintaan itu.

Sebelumnya diberitakan, Siskaeee membuat geger setelah video aksi tak senonohnya viral di media sosial Twitter. Video berdurasi 1 menit 23 detik itu diunggah salah satu akun Twitter akhir November 2021 kemarin.

Video ini berisi seorang wanita berambut panjang warna hitam mengenakan baju abu-abu dengan garis hitam dan rok panjang hitam sedang memainkan payudara dan alat kelaminnya. Wajah wanita tersebut tertutup masker dan kacamata. Pengambilan video diketahui dilakukan di lantai 2 gedung parkir Bandara YIA.

Polisi turun tangan melakukan pengusutan terkait aksi tak senonoh tersebut. Hingga akhirnya pelaku mengerucut ke sosok perempuan yang dikenal dengan nama Siskaeee.

Petugas kemudian langsung memburu dan memasukkan Siskaeee dalam daftar pencarian orang (DPO). Tidak lama setelah itu Siskaeee berhasil ditangkap tim gabungan di salah satu stasiun di Bandung, Sabtu (4/12).

Pada Minggu (5/12), Siskaeee dibawa ke Yogyakarta. Polda DIY kemudian menetapkan Siskaeee sebagai tersangka kasus pornografi. Selain itu polisi juga telah menggeledah kamar kos Siskaeee di Sleman.


Tulis Komentar