Politik

Bapilu Golkar Kembali Gelar Rumpol, Kali Ini Angkat Isu Politik dan Perempuan

Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Riau.

GILANGNEWS.COM - Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Riau akan kembali melaksanakan Rumpi Politik (Rumpol) jilid II dengan tema 'Partai Politik dan Perempuan', Rabu (15/12/2021) besok, di Kantor DPD Golkar Riau.

Kepala Bapilu Golkar Riau, Zulfan Heri, setelah sebelumnya berhasil melaksanakan Rumpol dengan tema Golkar dan Tantangan Demokrasi ke depan beberapa waktu lalu, pihaknya ingin kembali membuka ruang diskusi terkait peran perempuan dalam dunia politik di Riau.

"Kita mau mereka narasumber ini bicara partai politik termasuk Golkar, bagaimana sebenarnya perhatian parpol menempatkan perempuan dalam konteks politik," ujar Zulfan, Selasa (14/12/2021).

Ketua DPD Golkar Riau, Syamsuar, dijadwalkan akan membuka Rumpol jilid II ini dengan narasumber Mantan Ketua KPPG Riau, Iwa Siswani Bibra, Pengamat Politik, Saiman Pakpahan, Ketua Komahi Riau, Voppy Rosea Bulki, dan Sekretaris Bapilu Golkar Riau, Ida Yulita Susanti.

Keempat narasumber ini akan dipandu oleh moderator Iib Nursaleh, yang merupakan pengurus Bapilu Golkar Riau dan juga Anggota DPRD Kampar.

Dalam regulasinya sendiri, jelas Zulfan, partai harus mengakomodir perempuan dalam porsi 30 persen. Tapi, dia belum tahu apakah regulasi ini memang memberikan dampak kepada perempuan.

Sejak Pemilu dilaksanakan pertama kali pada 1955 hingga 2019 kemarin, Zulfan melihat terjadi pasang surut dalam peran perempuan di bidang politik. Hal itu bisa diukur dalam posisi jabatan eksekutif dan legislatif yang diisi oleh perempuan.

"Dan kesimpulan pertama kita, keterlibatan perempuan di politik itu masih rendah, dan inilah yang akan kita bedah. Apa mungkin karena lemahnya rekrutmen di awal, dan kecenderungan Parpol yang baru fokus mengejar perempuan saat penyusunan Caleg? Ini tentu akan menjadi tantangan juga untuk perempuan-perempuan politik," cakapnya lagi.

Lebih jauh, Zulfan menyebut Rumpol ini merupakan upaya pihaknya dalam merangkul kembali tokoh-tokoh untuk kembali ke Partai Golkar, dan memberikan sumbangsih pemikirannya.

"Saya sebagai Ketua Bapilu juga mau merangkul pihak yang pernah aktif di Golkar, kita bawa kembali ke Golkar, kita minta sumbangan pikirannya," pungkasnya.


Tulis Komentar