Legislator

Di Akhir Masa Jabatan Firdaus-Ayat Pemko Gencar Rotasi Pejabat, Ini Kata DPRD Pekanbaru

Kantor Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya.

GILANGNEWS.COM - Jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat tinggal hitungan bulan. Di akhir masa jabatan periode kedua ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sering kali melakukan rotasi serta mutasi pejabat.

Di periode Bulan November dan Desember ini saja, pelantikan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah berkali-kali dilakukan. Mulai dari pejabat eselon II hingga eselon III dan IV.

Menanggapi ini, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri menilai hal itu sah-sah saja. Namun, Ia mengingatkan pelantikan yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Ia juga menyebut, pelantikan yang dilakukan untuk mengisi kekosongan setelah adanya pelantikan pejabat eselon II beberapa waktu lalu. Setelah itu, kata dia, tentu ada penyegaran, penyempurnaan mengisi kekosongan. Sehingga pelantikan yang dilakukan untuk mengisi kekosongan tersebut.

"Walikota mungkin menilai perlu ada penyegaran di akhir tahun untuk eselon III dan IV. Itu adalah hak Walikota, namun kami minta tentu assesment atau pun rotasi yang dilakukan sudah sesuai ketentuan yang ada," kata Azwendi, Jumat (17/12/2021).

Ia menegaskan, pelantikan itu harus diisi oleh orang-orang profesional di bidang-bidangnya. Sehingga kinerja pada OPD betul-betul lebih baik. "Mungkin hasil evaluasi kinerja tahun ini, mudah-mudahan di tahun 2022 bisa lebih baik," jelasnya.

Ia juga mengingatkan, agar pelantikan yang seringkali digelar Pemko Pekanbaru tidak mengganggu realisasi kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah atau OPD.

"Masukan dari kami, DPRD jangan sempat mengganggu. Karena di akhir tahun, jangan sampai mengganggu realisasi keuangan di OPD tersebut," jelasnya.

Ia menegaskan, pelantikan juga harus memandang dari segi administrasi keuangan pada OPD. "Kegiatan mereka harus diselesaikan dengan baik. Kalau sudah ada pejabat yang baru tentu jangan meninggalkan permasalahan," jelasnya.


Tulis Komentar