Legislator

Omicron Masuk RI, Ini Kata Wapres

Wapres Maruf Amin.

GILANGNEWS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan diperketat sesuai level di setiap-setiap daerah. Pernyataan tersebut dikatakan Ma'ruf saat menanggapi adanya Covid varian Omicron yang memasuki kasus pertamanya di Indonesia.

"Memperketat pelaksanaan PPKM di daerah masing-masing sesuai dengan levelnya. Level ini bisa naik turun, mungkin sampai dengan tahun baru Januari itu tidak ada yang diturunkan," kata Ma'ruf di sela kunjungan kerjanya di Bali, Jumat (17/12).

Ma'ruf menambahkan, pengetatan PPKM juga akan dilakukan melalui kebijakan yang diambil pemerintah. Salah satunya dengan meningkatkan level PPKM.

"Ada daerah yang bisa naik tingkat levelnya, tapi diketatkan. Walau tidak di level 3 kan bisa dilakukan pengetatan-pengetatan PPKM. Itu beberapa kebijakan yang diambil pemerintah," jelas Ma'ruf.

Berkaca pada pengalaman pada Covid-19 varian delta. Ma'ru mendorong antisipasi lebih dini untuk dapat dilakukan. Dia pun meminta kepada Pemda mulai untuk melakukan pencegahan wilayah masing-masing.

"Kita punya pengalaman delta, delta itu kurang kita antisipasi sehingga kita kebobolan. Oleh karena itu, ketika ini baru satu, semua pemda harus melakukan penyiapan untuk pencegahan," katanya.


Tulis Komentar