Nasional

Buntut Hadiah Bupati Cup Hanya Rp95.000, Bupati Pandeglang Marah dan Copot Kadispora

Hadiah Panjat Tebing Bupati Cup di Pandeglang Cuma Rp95 Ribu, Ini Penjelasan Panitia.

GILANGNEWS.COM - Usai ramai menjadi perbincangan publik hadiah uang pembinaan Bupati Cup sebesar Rp95 Ribu. Bupati Pandeglang Irna Narulita segera mencopot Dadan Saladin dari jabatan sebagai Kadispora Pandeglang.

Irna menganggap tindakan Kadispora telah mencoreng nama baik dirinya Masyarakat umum.

"Kadispora-nya akan dicopot, iyah saya pastikan akan copot jabatannya karena sudah mencoreng nama baik saya," kata Irna saat dikonfirmasi wartawan.

Dia akan segera mengevaluasi jajaran di Dispora Pandeglang, dan yang paling di sorotinya adalah penanggung jawab acara panjat tebing Bupati Cup.

"Ya, dia juga akan dievaluasi. Pejabat yang menjadi penanggungjawab acaranya nanti akan saya geser, akan saya pindahkan selain Kadispora," ujarnya.

Irna menegaskan dirinya akan bertanggung jawab atas kelalaian jajarannya tersebut.

"Saya bertanggung jawab atas kelalaian yang dibuat dinas kami, terimakasih atas masukan dari netizen, kekurangan ini akan kami benahi," katanya.

Sebelumnya, Hadiah kejuaraan panjat tebing Bupati Cup di Pandeglang, Banten, menjadi perbincangan publik karena nominalnya hanya Rp95 ribu. Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati pun murka dan merasa dipermalukan dengan kejadian itu.

Dalam foto amplop yang tersebar di masyarakat melihatkan dua amplop dengan tulisan "Juara II Panjat Tebing Bupati Cup Tahun 2021" dengan isi Rp165 ribu dan satu amplop dengan tulisan "Juara III Panjat Tebing Bupati Cup Tahun 2021" sebesar Rp 95 ribu.

Melansir dari akun Instagram @irnadimyati, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan kemarahannya saat apel pagi, Senin (20/12). Ia merasa tertampar dengan kejadian itu.

"Anda salah, yang ditampar Bupati. Yang tolol Bupatinya atau Kadisnya? Kamu mencoreng nama baik Bupati," tegas Irna.

Panitia Tak Tahu Isi Amplop

Saat dikonfirmasi, Ketua pelaksana lomba panjat tebing dalam event Bupati Cup Pandeglang Rika Kartikasari mengatakan hadiah itu dari Dispora Pandeglang.

"Jadi gini kronologisnya, kita itu waktu Rabu (15/12) malam itu kan ada pembagian hadiah. Itu amplopnya untuk hadiah juara dari Dispora langsung yang ngasih. Malam itu yang hadir Pak Bedi sama Bu Atin dari Dispora, mereka yang menyerahkan langsung amplopnya," kata Rika kepada awak media.

Rika mengaku dirinya tidak tahu isi nominal uang hadiah dalam amplop, karena dalam kondisi tertutup dan langsung diserahkan kedua utusan dari Dispora kepada pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pandeglang sebagai panitia pelaksana kegiatan.

"Nah si amplop itu udah ditutup udah dirapet, kita mah kan tinggal serahkan aja sama yang juara-juara. Bahkan kita juga enggak tahu kalau isinya berapa, karena salah dong kalau kita membuka amplop itu," ujarnya.

Hadiah Uang Pembinaan dari Dispora Pandeglang

Rika menjelaskan kejuaraan panjat tebing itu memperlombakan 14 kategori. Hadiah uang pembinaan para juara seluruhnya dari Dispora Pandeglang, karena kejuaraan itu bertajuk Bupati Cup.

"Ada 14 kategori, kalau dikali tiga untuk juara berarti semuanya ada 42 hadiah buat juaranya. Tapi, kita mah cuma sebagai panitia pelaksana saja, hanya menerima amplop yang sudah dilem dari Dispora. Di situ juga udah diprint buat juara-juaranya, karena kita menerimanya gelondongan," jelasnya.

Setelah pembagian hadiah, keesokan harinya foto dan jumlah nominal uang di dalam amplop menjadi perbincangan publik.

Kadispora Sebut Sesuai Anggaran

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kadispora Pandeglang Dadan Saladin mengatakan uang pembinaan bagi juara lomba panjat tebing Bupati cup Pandeglang itu sudah sesuai anggaran.

"Itu kami sesuai anggaran, kan segitu, enggeus sakitu (udah segitu) bae anggaranana. Itu juga udah lumayan diadain,” katanya.

Bahkan Dadan mengatakan bahwa uang pembinaan yang diberikan kepada yang juara ada kelebihan dan harus dikembalikan panitia ke Dispora.

"Buat juara satu kan Rp225 ribu, juara dua Rp175 ribu dan juara tiga Rp100 ribu, itu semua kena pajak 6 persen. Tapi untuk juara tiga kan dikasihnya Rp95 ribu, harusnya Rp 94 ribu. Ada kelebihan itu seribu, itu dibalikin lagi uang itu ke kami," katanya.


Tulis Komentar