Politik

PKS Bantah Narasi Viral Minta Kader Rebut Ketua RT/RW Demi 2024

Gedung PKS.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Ada narasi di media sosial yang menyebutkan PKS memerintahkan para kadernya untuk memperebutkan jabatan Ketua RT ataupun RW menjelang Pemilu 2024 mendatang. PKS memastikan narasi yang beredar di media sosial itu hoaks.

Narasi di medsos itu berbunyi PKS menyerukan para kadernya memperebutkan jabatan Ketua RT ataupun RW dalam bulan September-Oktober 2021. Seruan itu diarahkan kepada kader PKS di seluruh Indonesia. 

Dalam sebuah tangkapan layar pesan WhatsApp yang beredar, disebutkan bahwa posisi Ketua RT dan RW merupakan posisi strategis saat pelaksanaan Pemilu lantaran menjadi penanggung jawab Tempat Pemungutan Suara (TPS). Wasekjen PKS Ahmad Fathul Bari membantah narasi tersebut

"Tidak benar," ujar Fathul saat dihubungi, Selasa (28/12/2021).

Loading...

Menurutnya, anggota partai politik yang menjabat sebagai lembaga kemasyarakatan desa (LKD) melanggar Permendagri Nomor 18 Tahun 2018.

"Tidak ada (seruan) dan memang dilarang melalui Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 Pasal 8 Ayat 5," ujarnya.

Fathul menuturkan saat ini partainya, PKS, justru sedang mempersiapkan kekuatan sistem organisasi dan memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Tentu banyak hal yang kita persiapkan, apalagi PKS sebagai partai kader yang mengandalkan kekuatan sistem organisasi dan perjuangan setiap anggota dalam melayani masyarakat," kata dia.

Adapun bunyi Pasal 8 Ayat 5 Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 seperti yang disebutkan Fathul ialah sebagai berikut:

Pengurus LKD dilarang merangkap jabatan pada LKD lainnya dan dilarang menjadi anggota salah satu partai politik.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar