Legislator

BEM Se-Riau Minta Kapolda Baru Rehabilitasi Tahanan Narkoba dan Tuntaskan Illegal Logging

BEM se-Riau meminta Kapolda Riau tuntaskan masalah tahanan narkoba dan illegal logging, serta abrasi di Riau.

GILANGNEWS.COM - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Riau memberikan beberapa poin penting masukan kepada Kapolda Riau yang baru, Irjen Pol Muhammad Iqbal, untuk dapat menuntaskan beberapa persoalan yang selama ini tidak tuntas.

Koordinator Pusat (Korpus) BEM se-Riau, Jimmy Saputra Nasution kepada wartawan, Jumat (7/1/2022) mengatakan, sesuai dengan hasil Rakerda BEM se-Riau pada tanggal 2 Desember lalu, di Kabupaten Kepulauan Meranti, ada beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian Kapolda Riau yang baru dan Pemprov Riau.

"Yang pertama adalah persoalan Narkoba. Bem se-Riau meminta para tahanan Narkoba untuk direhabilitasi. Alasannya, jika hanya menerima hukuman kurungan penjara tidak akan menjamin para pemuja barang haram itu bisa terlepas dari kecanduan Narkoba. Begitu bebas, kebanyakan dari mereka kembali menikmati Narkoba tersebut. Ini harus jadi perhatian," kata Jimmy.

"Solusi yang kami tawarkan selain hukuman penjara, program rehabilitasi juga harus diberikan kepada mereka, agar mereka benar-benar meninggalkan barang haram tersebut,” katanya lagi.

Selanjutnya, kata Jimmy, dalam persoalan agraria dan Illegal Logging (Ilog).

BEM se-Riau meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau untuk melakukan pemaparan dan kajian bersama instansi terkait terhadap persoalan agrarian di lahan perkebunan kebun sawit dengan masyarakat dan meminta DLHK bersama instansi terkait untuk memberantas mafia lahan dan kebun sawit illegal di Provinsi Riau.

"Persoalan abrasi dan erosi yang selama ini terjadi di Riau juga menjadi perhatian BEM se-Riau. Untuk itu, BEM se-Riau meminta pihak terkait untuk dapat mencarikan solusi agar laju abrasi yang terjadi selama ini di wilayah pesisir Riau dapat ditekan. Persoalan ini tidak tuntas dari tahun ke tahun, perlu ada solusi yang konkrit dan tepat untuk menghentikan abrasi dan erosi,” tukas Jimmy.


Tulis Komentar