Legislator

Diskes Pekanbaru Siapkan Ribuan Antigen

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi.

GILANGNEWS.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menyiapkan sebanyak 9.000 pcs Alat Rapid Tes Antigen yang dapat digunakan untuk malakukan pemeriksaan bagi pelajar di Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi menyebutkan, saat ini pihaknya masih menunggu data dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru terkait sekolah mana saja yang perlu dilakukan rapid test antigen.

“Adanya sekolah yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka, maka kita perlu melakukan tes Rapid antegine secara acak. Langkah ini kami lakukan agar pelajar di Pekanbaru bisa terhindar dari penularan virus corona,” katanya.

Ditambahkan Zaini, dalam rangka pencegahan penularan kasus covid-19 dari lingkungan sekolah, maka kejadian kasus covid-19 dari klaster sekolah tidak kembali terulang seperti akhir tahun lalu.

“Jadi sesuai instruksi Walikota, rapid tes antigen yang dilakukan ke sekolah akan dilaksanakan secara acak, atau tidak merata ke seluruh sekolah,” imbuhnya.

Namun untuk sekolah mana saja, akan ditentukan langsung oleh Dinas Pendidikan. Sementara Dinas Kesehatan hanya sebatas pelaksana di lapangan.

“Dengan begitu, kita akan lebih mudah mendata jika ada pelajar yang terkena covid-19. Tapi yang jelas, kita sangat berharap tidak ada ditemukan kasus baru selama sekolah tatap muka berlangsung,” pungkasnya.


Tulis Komentar