Legislator

Ini Kata Walikota, Tentang Pemko Pekanbaru Sering 'Kelimpungan' Soal Anggaran

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sering 'kelimpungan' di akhir tahun terkait persoalan anggaran dan laporan keuangan. Kondisi ini diakui Walikota Pekanbaru Firdaus.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan Pemko Pekanbaru mendapat arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal penggunaan anggaran. Apalagi, anggaran sering direlokasi untuk penanganan Covid-19.

Arahan itu agar jajaran Pemko Pekanbaru menyusun anggaran belanja per tiga bulan. Walikota ingin, arahan itu diterapkan oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Sehingga, OPD bisa cepat dalam membuat laporan keuangan dan tidak kelimpungan lagi di akhir tahun. "Biasanya kan kita buat laporan belanja itu pada pertengahan tahun, awal tahun kita santai. Menjelang akhir tahun baru kita kelimpungan untuk pencairan," kata Walikota, Selasa (25/1/2022).

Kata Walikota, dengan penyusunan anggaran setiap tiga bulan, akan berpengaruh kepada perekonomian di masa pandemi. Sebab, uang pemerintah yang ada di bank harus segera terealisasi dan tidak merugikan masyarakat.

"Uang pemerintah yang mengendap di bank atau tidak berada di masyarakat, membuat masyarakat rugi," jelasnya.

Ia juga meminta semua jajarannya memperhatikan dan tidak lalai aturan atau regulasi. Sehingga tidak ada lagi pejabat yang terjerat hukum.

"Semua harus kita perhatikan, semua aturan dan regulasi. Jangan lalai dan berakibat ada yang terjerat hukum," jelasnya.


Tulis Komentar