Nasional

Luhut: Omicron Diprediksi Hanya 2 Kali Lebih Mematikan dari Flu

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal data tingkat kematian akibat Corona atau COVID-19. Luhut mengatakan ada penurunan prediksi tingkat keparahan Corona.

"Studi di luar negeri mengkonfirmasi menurunnya tingkat kematian karena COVID-19," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (14/2/2022).

Luhut mengatakan COVID-19 diprediksi 13 kali lebih mematikan dari flu biasa pada pertengahan 2020. Namun, katanya, prediksi tingkat keparahan COVID-19 menurun jadi dua kali flu biasa pada 2022.

"Misalnya pada pertengahan 2020 COVID-19 diprediksi 13 kali lebih mematikan dari flu biasanya. Namun pada awal 2022, Omicron diprediksi hanya dua kali lebih mematikan dari flu. Jadi, Omicron ini hanya dua kali lebih parah dari flu," ucapnya.

Dia juga bicara soal kasus puncak Corona varian Omicron belum melampaui puncak saat varian Delta menyebar. Padahal, katanya, kasus Omicron di negara lain melampaui Delta.

"Tingkat rawat inap rumah sakit juga masih jauh lebih rendah dari periode Delta. Tapi ini tidak mengurangi tingkat kehati-hatian kita," tuturnya.


Tulis Komentar