Legislator

Sejak Januari, 23 Kejadian Kebakaran di Pekanbaru, Masalah Ini Sering Jadi Pemicu

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Sejak Januari 2022 hingga saat ini, ada 23 kejadian kebakaran di Kota Pekanbaru. Kebakaran yang terjadi di ibukota Provinsi Riau itu didominasi oleh korsleting listrik.

"Januari kemarin itu ada 17 kejadian. Februari ini ada 6 kejadian. Jadi totalnya 23 kejadian," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (BPKP) Kota Pekanbaru Burhan Gurning melalui Kasi Operasi Pemadaman dan Investigasi Fahriansyah, Selasa (22/2/2022).

Sedangkan sejak bulan Januari hingga Desember tahun lalu, DPKP Kota Pekanbaru mencatat ada 171 kejadian kebakaran. Jumlah itu merupakan gabungan kejadian yang terjadi di dalam kota dan luar Kota Pekanbaru.

Data dari DPKP Kota Pekanbaru, dari jumlah 171 itu, kejadian di dalam kota sebanyak 127 kejadian kebakaran bangunan, Lahan sebanyak 18 dan kendaraan 14. Sedangkan korban meninggal sebanyak 3 jiwa.

Ada juga kejadian kebakaran luar Pekanbaru sebanyak 12 kejadian. 11 kebakaran bangunan dan 1 kebakaran lahan. Sedangkan korban meninggal sebanyak 3 jiwa.

Fahriansyah menyebut, kebakaran dominan disebabkan hubungan arus pendek dan kelalaian. Ia juga mengingatkan menghindari potensi yang bisa memicu kebakaran. Sebaiknya, rumah juga dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR.

"Kebakaran merupakan hal yang menakutkan. Tetapi kebakaran bisa kita cegah. Jadi pastikan rumah kita aman dari potensi yang bisa mengakibatkan kebakaran terutama di saat kita berpergian atau keluar rumah," kata dia.

"Pastikan semua alat elektronik kita sudah dimatikan serta pastikan kompor juga sudah tidak menyala. Gunakan listrik sesuai kebutuhan serta gunakan bahan instalasi rumah sesuai dengan standar. Lengkapi rumah dengan APAR," tambahnya.


Tulis Komentar