Nasional

Warga Asli Kukar Minta Realisasi IKN 70 Persen Tetap Menjadi Kawasan Hijau

Titik Persemaian di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah melalui Kantor Staf Kepresidenan (KSP) melakukan dengar pendapat bersama masyarakat penduduk asli Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menuturkan mereka setuju dengan konsep pembangunan IKN yang digunakan yaitu 70% tetap menjadi kawasan hijau.

"Mereka menginginkan bukan hanya sekedar konsep tapi konsisten dijalankan. Bagaimana budaya setempat akan tetap terjaga dengan baik, bagaimana kehadiran sebuah proyek besar IKN ini bisa menjadi faktor pengungkit bagi masyarakat setempat," kata Moeldoko saat menjadi pembicara dalam acara beranda nusantara 'menuju ibu kota negara baru' disiarkan akun YouTube RRI Net Official, Rabu (23/2).

Bukan cuma itu, mereka juga meminta agar budaya setempat bisa tetap terjaga dengan baik. Serta kehadiran IKN menjadi faktor pengungkit bagi masyarakat setempat.

"Masyarakat yang ada di sana bisa ikut secara aktif, untuk itu maka pembangunan SDM di sana harus betul-betul ditingkatkan sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh IKN itu sendiri," pungkasnya.

Untuk diketahui sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin IKN bisa mewakili bangsa yang unggul bagi perkembangan kota-kota lain. Serta menunjukan kepada seluruh warga dunia bahwa tanah air bisa menjalankan rencana baru untuk mewujudkan cita-cita ke depan.

"IKN juga merespon komitmen Indonesia dalam penanggulangan iklim yang terlihat melalui pencapaian dan pengelolaan berbagai indikator menuju net zero carbon dan 100 persen energi baru dan terbarukan di tahun 2060. Kota 10 menit, 80 persen transportasi publik 70 persen area hijau, pengurangan temperatur 2 derajat," bebernya.


Tulis Komentar