Legislator

DLHK Kembali Bentuk Tim Gakkum Pengawasan Sampah

Sejumlah Petugas Melihat Lokasi.

GILANGNEWS.COM - Sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru masih terdapat tumpukan sampah. Sampah ini berserakan di pinggir jalan hingga mengeluarkan aroma busuk. Sampah seperti sengaja dibuang ditempat tersebut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi mengatakan, hal ini terjadi bukan karena sampah tidak diangkut. Namun adanya keterlambatan waktu pengangkutan dari pihak ketiga atau operator pengangkut sampah. 

Hendra menyebut, pihaknya juga akan mengingatkan pihak ketiga namun masyarakat juga diimbau untuk dapat membuang sampah tepat pada waktunya. Pihaknya akan menindak tegas oknum masyarakat atau juga pelaku usaha yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya. 

"Kita sudah bentuk tim penegakkan hukum (Gakkum) yang akan menindak. SK (surat keputusan) Tim Gakkum sudah dibuat," ujar Hendra Afriadi, Kamis (3/3/2022). 

Menurutnya, tim Gakkum ini mulai bekerja pekan depan. Tim Gakkum DLHK nantinya aktif melakukan pengawasan di lapangan. Mereka juga menindak oknum yang kedapatan membuang sampah sembarangan. 

Dikatakan Hendra, untuk saat ini pihaknya sudah mengantongi beberapa tempat pembuangan sementara (TPS) ilegal yang kerap dijadikan lokasi pembuangan sampah. Lokasi ini menurut Hendra akan menjadi target tim Gakkum DLHK dalam pengawasan di lapangan.

"Kita prioritaskan di jalan poros. Contoh di Jalan Yos Sudarso, dibawah Jembatan Siak IV. Itu ilegal itu, kita lagi lacak itu siapa pelakunya," pungkasnya.


Tulis Komentar