Nasional

Momen 3 Gubernur Bertolak ke IKN Nusantara Bawakan Tanah dan Air Daerah Asal

Persiapan kemah Jokowi di IKN.

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Jokowi juga mengajak para gubernur di 33 provinsi berkemah bersama di IKN. Tak hanya itu, para gubernur juga diminta membawa wadah berisi tanah dan air dari daerah asal masing-masing.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan nantinya tanah dan air yang dibawa masing-masing gubernur akan disatukan dalam sebuah kendi dinamakan Kendi Nusantara.

Semangatnya, adalah membangun IKN dengan kebersamaan dan kebersatuan.

Acara berkemah akan digelar pada Minggu-Senin, 13 dan 14 Maret 2022 hari ini. Sejauh ini, sudah tiga gubernur yang bertolak ke IKN lengkap dengan tanah dan air masing-masing daerahnya.

1. Gubernur Bengkulu

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membawa dua kg tanah dan satu kg air ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Tanah dan air itu ia kumpulkan dari tiga lokasi di Bengkulu. Yakni, tanah yang diambil di Balai Raya Semarak dan air yang diambil di Danau Dendam tak Sudah serta dari Rumah Pengasingan Bung Karno.

Menurut gubernur, pemilihan lokasi pengambilan tanah dan air tersebut atas pertimbangan ketiganya memiliki cerita dan sejarah mengenai Provinsi Bengkulu.

2. Gubernur Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menghadiri acara kemah di IKN Nusantara. Dibantu jajarannya, Ridwan Kamil mampu menghimpun tanah dan air dari 27 kabupaten/kota untuk kemudian dijadikan bagian dari pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

"Alhamdulillah dalam waktu singkat 27 kota/kabupaten yang ada di Jawa barat dengan gerak cepat dan dengan semangat yang sangat baik sudah berhasil mengirimkan air dan tanah. Tentu dipilih menurut kearifan lokal," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan persnya di Bandung, Minggu.

Untuk sumber tanah dan air dari Jawa Barat sendiri, Kang Emil, sapaannya, tidak sembarang diambil. Tanah dan air yang dibawa ini bukan sembarangan dan mengandung sejarah dan kaya makna.

"Sumbernya bermacam-macam. Ada yang dari air Masjid Agung, ada yang dari air gunung. Ada yang dari air keramatkan dan lain sebagainya," katanya.

3. Gubernur NTT

Gubernur NTT Victor Laiskodat telah bertolak ke IKN Nusantara. Lengkap dengan tanah dan air NTT.

Laiskodat membawa tanah dan air yang diambil dari tujuh kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Di terminal VVIP Pemda Provinsi Nusa Tenggara Timur, gubernur membawa tanah dan wakil gubernur membawa air yang telah disimpan di dalam wadah tradisional.

Menggunakan pesawat pribadinya berjenis Legacy Embraer, gubernur bersama rombongan yang termasuk gubernur Nusa Tenggara Barat lepas landas dari bandara El Tari Kupang, menuju ke Kalimantan Timur.

"Air dibawa oleh bapak wakil gubernur, tanah dibawa oleh saya sebagai gubernur bersama dengan gubernur NTB," ucapnya.

Menurut Viktor, semoga tanah dan air yang diambil dari rahim Flobamorata untuk membangun IKN Nusantara, menjadi kekuatan dan kebanggaan Indonesia.

"Doakan kami agar tanah dan air dari rahim Flobamorata menuju Kalimantan Timur untuk membangun Ibu Kota Begara baru kita Nusantara, menjadi kekuatan dan kebanggaan Indonesia," ungkap Viktor.


Tulis Komentar