Politik

Golkar Kembali Gelar Rumpol, Kali Ini akan Bahas Tuntas Soal Sawit

Kepala sawit dan minyak goreng.

GILANGNEWS.COM - Setelah sukses di tiga sesi sebelumnya, Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Golkar Riau, akan kembali menggelar Rumpi Politik (Rumpol) sesi IV. Kali ini Bapilu mengambil tema tentang 'Sawit dan Masa Depan Ekonomi Riau'.

Agenda akan dilangsungkan di ruang Pertemuan IKKD DPRD Riau, Senin (21/3/2022) mendatang.

Kepala Bapilu Golkar Riau, Zulfan Heri, mengatakan, tema ini diambil karena dalam beberapa bulan terakhir isu kelapa sawit memang menjadi perbincangan semua pihak, terlebih lagi terkait kenaikan harganya yang menjadi Rp 4.200 per kg.

"Buah sawit sendiri, katanya, memiliki banyak sekali produk turunan, terutama Crude Palm Oil (CPO), yang kemudian menjadi minyak goreng. Produk turunan sawit berupa minyak goreng ini juga tengah diributkan oleh masyatakat. Sama sama kita ketahui, saat ini, negara tidak mampu mengendalikan stok sampai ke harga minyak goreng. Posisi negara lemah di sini, itu kalau kita lihat dari sisi politik kebijakan, belum lagi dari sisi lingkungan, konflik lahan, dan lainnya. Ini sangat menarik, maka kita akan kupas ini," kata  Zulfan, Sabtu (18/3/2022).

Karena tema yang menarik ini, Bapilu menggandeng Fraksi Golkar DPRD Riau untuk menggelar Rumpol tersebut, dan kemudian mengundang narasumber yang sangat berkompeten.

Zulfan mengatakan, Rumpol yang akan bekerjasama dengan Fraksi Golkar DPRD Riau ini akan menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai latar belakang. Diantaranya Anggota Fraksi Golkar DPRD Riau; Ramos Teddy Sianturi, Ketua Umum DPP Aplasindo; Gulat Medali Emas Manurung, Bendahara Samade Riau; Hendri Chen, dan Akademisi Unri, Nur Syuhada.

"Kita akan memberikan ruang untuk mereka berdebat di sana supaya kita bisa melihat sisi negatif dan positif sawit. Apalagi, Riau ini merupakan daerah dengan perkebunan kelapa sawit terluas," tuturnya.

Diskusi ini rencananya akan dibuka oleh Ketua DPD Golkar Riau yang juga Gubernur Riau, Syamsuar, dan kata sambutan juga dari Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Riau, Parisman Ihwan.


Tulis Komentar