Riau

BMKG Jelaskan Penyebab Hujan Es di Kuansing

Hujan Es.

GILANGNEWS.COM - Sejumlah wilayah di Kabupaten Kuansing diterjang hujan es disertai angin kencang, Selasa (22/3) sore. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan fenomena itu disebabkan oleh awan Cumulonimbus (CB).

"Fenomena hujan es terjadi karena adanya awan Cumulonimbus," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Fitri NA, Rabu (23/3//2022).

Awan cumulonimbus tersebut terbentuk dari awan-awan kecil yang kemudian berkumpul dan berubah menjadi tumpukan awan tebal akibat embusan angin. Lalu, karena semakin tebal, awan cumulonimbus kemudian akan mencapai lapisan atmosfer yang makin atas dan pada kondisi tertentu ia akan menjadi jenuh. 

"Selanjutnya, lantaran semakin tinggi posisi awan, maka tekanan dan suhu yang ada pun turut semakin dingin. Kondisi itu lalu membuat butiran es cumulonimbus tidak mencair secara sempurna, sehingga bisa jatuh ke permukaan bumi hingga kemudian disebut sebagai hujan es. Hujan ini sangat lokal dan waktu terjadinya pun sangat singkat," jelas Fitri.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kuansing, Riau, pada Selasa (22/3) sore, sekitar pukul 17.15 WIB. Sejumlah warga memberi kesaksian melihat butiran es sebesar kerikil yang ikut turun bersama hujan tersebut.


Tulis Komentar