Politik

Jelang Pemilu 2024, Syamsurizal Ingatkan Soal Simpang Siur Data Kependudukan dan Pemilih

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal.

GILANGNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI yang merupakan anggota DPR RI Dapil Riau mengingatkan kepada Ditjen Dukcapil Kemendagri, untuk memperbaiki persoalan klasik terkait kependudukan, terlebih akan memasuki tahun politik 2024.

Hal tersebut disampaikan Syamsurizal saat Komisi II menggelar Raker dan RDP dengan Mendagri, Kepala BNPP Ketua DKPP dan Kepala BPIP.

"Kita akan menghadapi Pemilu, data Pemilu kita masih belum menggembirakan, masih ada simpang siur data pemilih dengan jumlah penduduk," kata Syamsurizal.

Syamsurizal mencontohkan, persoalan data penduduk antara satu titik dengan titik lain berbeda, daerah satu dengan daerah lain berbeda. Bahkan data di dinas pun berbeda.

"Kita kan punya sistem informasi kependudukan nasional dulu, saya rasakan itu konsistensi ketika akan melakukan aplikasi. Kita tak bisa konsisten menginput data siapa yang sudah meninggal, baru lahir, yang pindah, konsistensi ini yang belum diwujudkan," cakapnya.

"Kita harap konsistensi ini dapat dirawat. Ditjen Dukcapil Kemendagri ada 70 miliar tahun ini, kita ingin diperbaiki, jadi Pemilu 2024 persoalan data pemilih jadi tidak terlalu mencuat lagi," tukasnya.

Untuk diketahui, persoalan data kependudukan dan data pemilih selalu menjadi persoalan dalam tiap masa Pemilu, termasuk di Provinsi Riau.


Tulis Komentar