Politik

Bertemu PM Singapura, Prabowo Minta Kerja Sama Pertahanan Saling Menguntungkan

Prabowo Bertemu PM Singapura Lee Hsien Loong.

GILANGNEWS.COM - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto bertemu dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Prabowo menyampaikan apresiasi kepada Singapura karena tetap menjaga dan meningkatkan kerja sama pertahanan.

Pertemuan itu merupakan rangkaian kegiatan Prabowo sebagai pembicara dalam International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 yang berlangsung pada10-12 Juni 2022 di Singapura.

"Kami mendukung penuh agar kerja sama pertahanan yang kuat antara Indonesia dan Singapura dibangun dengan berpedoman pada prinsip-prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan penghormatan penuh terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan hukum internasional," ujar Prabowo, Minggu (12/6).

Menimpali apresiasi yang disampaikan Prabowo, Lee Hsien Loong menyampaikan bahwa Singapura menghormati posisi Indonesia yang netral sebagai non-claimant state dalam persoalan Laut China Selatan.

Dalam pertemuan ini, Lee dan Prabowo juga menegaskan kembali hubungan bilateral antara kedua negara yang erat dan terjalin cukup lama yang dikuatkan dengan paket kesepakatan yang ditandatangani pada Leader Retreat Januari 2022 lalu.

Dibahas pula beberapa permasalahan global seperti kontra-terorisme, keamanan maritim dan pangan, dan menegaskan kembali pentingnya memperkuat kerja sama dan kepercayaan antara kedua negara.


Tulis Komentar