Legislator

Miris, Ternyata Masih Ada 3 Kecamatan di Riau Belum Tersentuh Listrik PLN

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - DPRD Riau prihatin masih ada kecamatan di Provinsi Riau yang belum tersentuh listrik. Ada tiga kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hingga saat ini belum tersentuh jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Anggota Komisi IV DPRD Riau Manahara Napitupulu menyebut, ketiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Peranap, Kecamatan Batang Peranap, dan Kecamatan Batang Cenaku.

"Ada tiga kecamatan di Inhu yang dilintasi jalan provinsi belum menikmati penerangan PLN. Jadi, mereka seperti setengah merdeka. Padahal di sana ada fasilitas umum, seperti sekolah dan tempat ibadah," ungkap Manahara, Selasa (14/6/2022).

Ia menyebut, sudah hearing dengan manajer PLN Wilayah Riau Kepri dan menyampaikan kondisi tersebut. Mulai dari Desa Pauh Peranap sampai Desa Pesajian.

"Kemudian masuk lagi ke Kecamatan Batang Cenaku. Di sana ruas jalan provinsi, belum masuk penerangan lampu listrik," ucap anggota Fraksi Demokrat itu.

Selain membangun komunikasi dengan PLN Wilayah Riau Kepri, pihaknya juga sudah menemui anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, M Nasir. Tujuannya agar anggota DPR RI dari dapil Riau II itu juga memfollow-up ke PLN guna mewujudkan penerangan listrik di tiga kecamatan tersebut.

Ia menyebut, hasil hearing dengan pihak PLN Wilayah Riau Kepri, mereka sudah mencatat dan merespon persoalan tersebut. Manajemen PLN berjanji akan segera mewujudkan dan merealisasikan listrik di wilayah itu.

Selama ini, kata anggota DPRD Riau dapil Inhu Kuansing itu, warga di tiga kecamatan hanya menggunakan lampu seadanya.

"Iya selama ini mereka hanya memakai lampu seadanya. Bagi yang mampu yah genset. Tapi bagi yang tak mampu, yah tahu sendirilah," ujar Manahara.


Tulis Komentar