Politik

Bawaslu Riau Buka Pendaftaran Calon Komisioner, Simak Tanggal dan Syaratnya

Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan calon komisioner Bawaslu Riau 2022 - 2027 mulai membuka pendaftaran.

GILANGNEWS.COM - Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan calon komisioner Bawaslu Riau 2022 - 2027, mulai membuka pendaftaran. Pendaftaran ini terbuka secara umum bagi masyarakat Riau.

Pengumuman dimulai 13 sampai 21 Juni 2022. Sedangkan penerimaan dan pendaftaran dimulai 22 Juni 2022 hingga 30 Juni 2022.

Ketua Pansel Bawaslu Riau Muhammad Syafii mengatakan, pendaftaran dibuka di sekretariat Pansel di gedung PGRI Riau di Jalan Sudirman Pekanbaru pada saat jam kerja.

"Kami Tim seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Riau 2022-2027 mengimbau dan mengundang seluruh masyarakat, akademisi, aktivis, organisasi kemasyarakatan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam proses seleksi," ujar Syafii, Selasa (14/6/2022).

Ketua PGRI Riau ini menambahkan, dokumen pendaftaran dapat diantar langsung ke kantor sekretariat Tim Seleksi Gedung Guru (PGRI), Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru Kota, atau melalui pos, dengan batas akhir penerimaan pendaftaran tanggal 30 Juni 2022 Pukul 16.00 WIB.

Diantara syaratnya adalah berusia paling rendah 35 tahun; mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur dan adil; memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu; berpendidikan paling rendah S1/D4, dan berdomisili di Riau.

Total ada 18 poin persyaratan yang harus dipenuhi setiap pendaftar.

"Untuk informasi syarat pendaftaran bagi calon Anggota Bawaslu Provinsi Riau periode 2022-2027, dapat dilihat pada laman resmi Bawaslu Provinsi dengan alamat https://riau.bawaslu.go.id/," cakapnya lagi.

Syafii menjelaskan, Pansel yang terdiri dari beberapa orang dan didukung Sekretariat Bawaslu itu sudah mengumumkan perekrutan ini kepada masyarakat Riau.

"Yang jelas kami sudah persiapan segala sesuatu yang berkaitan dengan seleksi, mulai dari pendaftaran hingga proses seleksi nantinya," ucapnya lagi.

Pansel akan bekerja dan rencananya akan berproses hingga September mendatang, sudah didapatkan hasil komisioner Bawaslu yang diajukan untuk ditetapkan menjadi anggota Bawaslu.

Anggota Bawaslu ini sendiri untuk mengisi jabatan periode 2022 - 2027 mendatang, sehingga yang akan mengawasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun adalah komisioner Bawaslu yang terpilih pada tahun ini.


Tulis Komentar