Legislator

Hidup 10 Tahun di Indonesia Karena Tak Ada Kepastian, Ratusan Imigran Afghanistan kembali Unjuk Rasa

Ratusan imigran asal Afganistan di Pekanbaru unjuk rasa menuntut kepastian nasib mereka.

GILANGNEWS.COM - Ratusan imigran di Pekanbaru yang mayoritas berasal dari Afghanistan lagi-lagi melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Selasa (14/6/2022).

Saat melakukan aksi tersebut, tampak raut muka kesedihan yang terpancar dari wajah para ratusan imigran. Mereka mengaku sangat ingin pindah ke negara ketiga, sebab mereka di Indonesia hanya transit. Di Indonesia mereka hidup tak ada kepastian karena statusnya bukan warga negara, jadi tidak bisa memulai hidup yang layak.

"Kami sudah melakukan demo hampir tiap hari bahkan mendirikan tenda, kami ingin pergi ke negara yang aman, yang hidup seperti warga biasa," kata salah satu orang imigran asal Afghanistan bernama Hudodot Ulami.

Namun kata Hudodot, selama mereka melakukan aksi demo, para imigran tidak mendapatkan jawaban yang diinginkan.

"Kami minta tolong kepada Bapak Gubernur Riau bantulah, sudah banyak jatuh korban diantara kami karena putus asa dan bahkan sudah sampai bunuh diri," jelasnya.

Lanjutnya, kehidupan mereka selama 10 tahun di Indonesia tanpa status yang jelas membuat mereka khawatir.

"Indonesia ini kan negara transit, tapi kami sudah 10 tahun di sini. Negara tujuan kami yaitu negara yang memang ingin menerima kami, siapa saja. Kami hanya ingin hidup seperti orang biasa," pungkasnya.

Mereka juga membawa spanduk yang berisi seruan kepada 4 negara, yakni Amerika, Kanada, Selandia Baru, dan Australia.

Mereka ingin ketiga negara itu tidak membedakan mereka dengan para pengungsi Ukraina yang dinilai dengan mudah diterima di negara-negara lain dalam waktu singkat.

"Jangan membuat perbedaan antara pengungsi Ukraina dan Afganistan dan tolong tempatkan kembali pengungsi Afganistan dari Indonesia juga," bunyi spanduk berlatar ptuih yang mereka bawa.


Tulis Komentar