Legislator

Kebocoran Air PDAM di Jalan Melur Akibat Pipa Tua, Perbaikan Ditargetkan Tuntas Malam Ini

Perbaikan pipa air bocor di Jalan Melur Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak saat ini tengah melakukan perbaikan kebocoran pipa yang terjadi di Jalan Melur, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Jumat (18/6/2022).

"Hari ini seluruh tim teknisi yang dimiliki oleh PDAM Tirta Siak melakukan perbaikan kebocoran yang terjadi di Jalan Melur Ujung, Pekanbaru," ujar Endrianto selaku General Manager Technic and Service, Jumat (18/6/2022).

Ia mengatakan, perbaikan yang dilakukan terhadap pipa air berdiameter 400 mm ACP sejak pagi tadi ini diupayakan bisa segera selesai hari ini juga.

"Karena memang akibat dari kebocoran pipa di Jalan Melur ini aliran air ke pelanggan Tirta Siak mengalami gangguan," katanya.

Ia mengatakan dari pengecekan yang sudah dilakukan, sebab dari bocornya pipa merupakan efek dari umur pipa yang sudah cukup tua.

"Sebab kebocoran itu pressure, tekanan karena pipa yang umurnya sudah tua. Kemudian ada angin yang terjebak di dalamnya, kemudian ada tekanan yang dialami pipa, maka ini menjadi sebab utama kebocoran," jelasnya.

Ia mengatakan pengerjaan yang sudah berjalan kurang lebih selama 6 jam ini, diharapkan bisa selesai pada malam hari nanti.

"Kita memohon maaf kepada pelanggan yang terdampak oleh kebocoran pipa ini. Juga kepada pengendara Jalan Melur yang juga terdampak akibat adanya alat - alat yang digunakan Tirta Siak dalam perbaikan pompa," ungkapnya.

"Kita juga mengharapkan dukungan serta doa dari semua pihak untuk bisa menyelesaikan segala macam hal seperti ini, terutama kebocoran pipa," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak yang berada Jalan Melur, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru mengalami kebocoran sehingga air membanjiri seluruh ruas.

Menurut Yansen, warga setempat, peristiwa pecahnya pipa PDAM tersebut terjadi pada Rabu (16/6/2022) pagi. Kepada wartawan, Yansen mengaku melihat saat-saat meledaknya pipa yang menyemburkan air deras hingga membuat ruas jalan menjadi tergenang.

Yansen menyebut pipa tersebut telah mengalami retakan kecil dan menyemburkan air sejak beberapa waktu lalu. Bahkan warga telah melakukan penimbunan untuk menutup lubang dan kubangan air.

"Kalau genangan sudah lama seperti ini, biasanya juga sudah tergenang. Sudah beberapa kali ditimbun. Kemarin di sana, sekarang di sini. Emang pipa PDAM itu yang sudah bocor di dalam," ungkap Yansen yang melihatkan pipa PDAM meledak kepada wartawan.

Ia menduga intensitas pengguna jalan yang tidak sebanding luas badan jalan ditambah PDAM yang membuat seluruh badan jalan banjir arus lintas Jalan Melur mengalami sedikit kemacetan.


Tulis Komentar