Legislator

Karena Pekanbaru Wajah Riau, Pemprov harus Berkontribusi Tangani Banjir dan Jalan Rusak

Banjir di Kota Pekanbaru.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Riau diminta untuk tidak hanya berkomentar, namun juga berkontribusi dalam penanganan berbagai permasalahan di Kota Pekanbaru.

Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Roni Pasla mengatakan, permasalahan-permasalahan seperti banjir dan jalan rusak juga harus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Riau.

"Permasalahan banjir dan juga jalan rusak sudah menjadi penyakit menahun yang terjadi di Kota Pekanbaru, padahal Kota Pekanbaru adalah ibukota Provinsi Riau dan sudah sejatinya Kota Pekanbaru menjadi wajah dari Provinsi Riau," kata Roni, Jumat (1/7/2022).

Lanjutnya, Pemprov Riau tidak bersikap fair jika hanya menyalahkan Pemko Pekanbaru dalam penanganan dua persoalan ini.

Loading...

"Di Pekanbaru juga banyak kok jalan provinsi yang rusak. Juga nggak selesai tuh, sama provinsi. Sejauh ini kami melihat banyak jalan yang menjadi kewenangan dari Pemprov Riau mengalami kerusakan dan tidak tersentuh perbaikan oleh Pemprov Riau, padahal jalanan ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan juga keselamatan berlalulintas masyarakat," cakapnya.

Ia juga mengkritik terkait pernyataan Gubernur Riau Syamsuar yang selalu memojokkan persoalan banjir di Pekanbaru. Padahal masih banyak sungai maupun anak sungai yang masih menjadi tanggung jawab dari Pemprov Riau.

"Padahal sungai-sungai itu kan juga menjadi tanggung jawab Provinsi. Kalau untuk di sungai-sungai masuk kewenangan Pemprov, jangan sepenuhnya dibebankan ke Pemko dong. Kalau memang diserahkan ke kota, tapi dananya dibantu," imbuhnya.

Katanya lagi, untuk melakukan perbaikan jalan dan normalisasi sungai membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, tentu jika persoalan ini dititikberatkan ke Pemko Pekanbaru akan lama penyelesaiannya.

"Misalnya untuk kegiatan normalisasi sungai, alat-alat beratnya di-support-lah. Anggarannya juga dibantu. Pemprov itu kan punya anggaran besar. Jadi kalau mereka (Pemprov) merasa Pekanbaru adalah wajah Riau, Pemprov jangan diam saja,” pungkasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar