Nasional

Ribuan Pilot Pernah Pernah Terbang dengan Niat Bunuh Diri di Benaknya

ilustrasi

GILANGNEWS.COM- Sebuah studi terbaru tentang industri penerbangan mengungkap hasil yang mengejutkan jika tak mau disebut mengerikan.

Sebuah survei terhadap ribuan pilot maskapai penerbangan komersial dilakukan oleh tim dari Universitas Harvard memaparkan tingginya niat bunuh diri di kalangan para pilot.

Hasil survei ini menunjukkan dari 4.000 penerbangan, sebanyak 4,1 persen pilot pernah berpikir untuk bunuh diri setidaknya satu kali.

Sementara itu, sebagaimana dilansir kompas.com, 12,6 persen pilot dari 4.000 penerbangan itu masuk ke dalam katagori mengalami depresi.

Para pilot yang didiagnosis dengan depresi akut akan secara otomatis dilarang menerbangkan pesawat.

Namun, para pakar memperingatkan, banyak pilot yang menutup-nutupi gejala-gejala depresi yang mereka alami karena khawatir kehilangan pekerjaan mereka.

Studi ini digelar setelah tragedi maskapai Germanwings pada 2015, saat seorang pilot yang diduga menderita gangguan mental menabrakkan pesawatnya ke Pegunungan Alpen dan menewaskan 150 penumpangnya.

Para penulis laporan mengejutkan ini mengatakan, terdapat sebuah "selubung rahasia" yang mengelilingi masalah kesehatan mental para pilot ini.

Namun, psikiater kenamaan Inggris dan pemimpin penelitian ini, Profesor Joseph Allen, mengatakan, mengawasi pilot yang depresi tak akan berguna karena diagnosis masih mengandalkan kejujuran sang pilot.

"Kami menemukan bahwa banyak pilot yang mampu menutupi gejala-gejala depresi, dan mereka tak akan mencari bantuan karena khawatir berdampak pada karier mereka," kata Allen.

Depresi, yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi dan memproses informasi, bisa menghasilkan perasaan gagal dan keinginan untuk menyelesaikan tugas.

Hasil studi baru yang diterbitkan di jurnal Environmental Health ini sangat signifikan karena sebagian besar data terkait depresi biasanya ditahan pihak maskapai.

Sebanyak 3.500 pilot merespons survei anonim Harvard ini, meski sekitar 1.100 pilot menolak untuk menjawab pertanyaan terkait kesehatan mental.

Hasil lain dari survei ini adalah pilot pria mendominasi dalam hal rasa kehilangan minat, merasa gagal, dan berpikir ingin bunuh diri.


Tulis Komentar