Legislator

Siang Ini akan Ada Aksi Unjuk Rasa 'Indonesia Gawat Darurat' di DPRD Riau, Ini Tuntutannya

Gedung DPRD Riau.

GILANGNEWS.COM - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) berencana menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Riau, Jumat (26/8/2022) siang. Aksi kali ini bertajuk Indonesia Gawat Darurat, Orba Jilid 2.

Informasi yang diterima oleh media, ada lima tuntutan yang akan disampaikan mahasiswa. Mahasiswa mendesak pemerintah memenuhi tuntutan yang akan disampaikan.

Berikut isi tuntutan mahasiswa yang akan disampaikan di gedung DPRD Riau:

1. Menunda pengesahan RKUHP dan menjamin keterbukaan draf RKUHP. Selain itu meminta keterlibatan masyarakat yang sejati dalam perancangan RKUHP. Serta segera merevisi kembali pasal-pasal bermasalah dalam RKUHP. Hapuskan wacana kenaikan BBM subsidi dan menjamin ketersedian BBM subsidi di daerah khususnya Riau.

2. Mendesak Kemendikbud-Ristek untuk keluarkan putusan hasil rekomendasi satuan tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual terhadap Dekan FISIP non aktif.
Stabilkan harga bahan pokok. Selain itu menjamin ketersediaan bahan pokok di Indonesia, khususnya Riau.

3. Selesaikan konflik agraria di seluruh Indonesia dan menyediakan sistem mutakhir terkait data agraria.

4. Mengkaji kembali Permentan no 10 tahun 2022. Undang-undang ini mengatur tentang tata cara penetapan alokasi. Juga harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi sektor pertanian terkhusus pasal yang mengenai komoditi yang mendapatkan pupuk subsidi serta memastikan keterbukaan informasi pertanian.

5. Meningkatkan aksesibilitas energi, memajukan pembiayaan energi dan meningkatkan penggunaan teknologi bersih.

Massa aksi bakal dijemput ke setiap fakultasnya oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau, tepat pukul setengah dua siang. Titik kumpul masing-masing fakultas, tergantung BEM Fakultasnya pula. Bilamana banyak massa menyertai, rencananya akan menyewa bus.


Tulis Komentar