Nasional

Kapolri: Banyak Calo-calo Bergentayangan

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

GILANGNEWS.COM - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan masih banyak calo-calo yang bertebaran, terutama di bidang layanan publik lalu lintas. Banyaknya calo-calo tersebut membuat kepercayaan masyarakat kepada Polri menjadi menurun.

"Pelayanan publik yang banyak disorot di bidang lalu lintas. Masih banyak calo-calo bergentayangan, diserse menjadi problema," kata Tito di Kantor Samsat, Daan Mogot, Jakarta Barat, dilansir merdeka.com Jumat (16/12).

Menurutnya, budaya calo membuat masyarakat tidak percaya kepada pihak kepolisian. "Budaya kultur Polri yang juga banyak kurang begitu mendukung terbentuknya kepercayaan publik. Di antaranya budaya koruptif yang cukup rentan dari mana-mana. Salah satunya di lalu lintas," lanjutnya.

Oleh karena itu, pihaknya membentuk sebuah tim khusus untuk mencegah adanya pungutan liar (pungli) terutama di lalu-lintas dengan cara meluncurkan sistem online.

"Mekanismenya dengan cara pencegahan, penindakan, untuk itu dibentuk satgas cyber pungli, pungutan liar, yang target utamanya di sektor layanan publik," tegas Tito.

Editor: Atika Wulandari


Tulis Komentar