Politik

Ada Demonstrasi Penolakan Kedatangan Anies Baswedan, Ini Kata NasDem Riau

Koalisi Mahasiswa Peduli Demokrasi (KMRPD) menolak kedatangan Anies Baswedan ke Riau.

GILANGNEWS.COM - Kedatangan Anies Baswedan ke Pekanbaru, Riau mendapatkan penolakan dari Koalisi Mahasiswa Peduli Demokrasi (KMRPD). Mereka menggelar aksi unjukrasa di Gedung Bawaslu dan KPU Riau, Jumat (2/12/2022).

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Nasdem Riau yang juga Sekretaris Panitia Kunjungan Anies Baswedan ke Riau, Dedi Harianto Lubis dikonfirmasi mengatakan, penolakan itu adalah hak demokrasi seseorang dalam konteks bernegara.

"Kita biasa saja. Penolakan itu biasa dalam berdemokrasi. Ini kan hak demokrasi seseorang juga," kata Dedi.

Soal tudingan Anies akan membawa politik identitas dan dikhawatirkan akan memecah belah harmonisasi masyarakat Riau, Dedi menyebut ini hanya sekadar ketakutan yang berlebihan.

"Biasa lah itu, orang dalam musim politik ini salat saja bisa diklaim berpolitik," kata dia.

Ia menyebut agenda kedatangan Anies sudah disiapkan dan hanya menunggu izin keramaian saja. Ia mengatakan, berdasarkan rencana, kegiatan akan dipusatkan di Jalan Gajah Mada.

"Kita menanti izin keramaian saja lagi. Agenda sudah kita susun. Salah satunya Anies akan berpidato kebangsaan di Jalan Gajah Mada," kata dia.

Kedatangan Anies ke Riau memang menjadi sorotan publik. Dari beberapa tokoh nasional yang digadang-gadang maju di Pemilu 2024, Anies menjadi salah satu yang paling dibicarakan di Riau.

Ia meyakini tidak kurang dari 20.000 pendukung akan memadati Jalan Gajah Mada besok. Berbagai kelompok bahkan sudah membentuk simpul dukungan secara mandiri untuk menyokong mantan Gubernur Jakarta itu. Beberapa bahkan sudah merapat ke parpol koalisi dukungan Anies termasuk ke Nasdem.

"Yang sudah merapat ke kita ada 33 kelompok, ini dibentuk mandiri," tambahnya.


Tulis Komentar