Legislator

Bupati Siak Dinobatkan jadi Tokoh Wakaf Nasional dari BWI Pusat

Bupati Siak, H Alfedri.

GILANGNEWS.COM - Badan Wakaf Indonesia (BWI) menobatkan Bupati Siak, H Alfedri sebagai tokoh wakaf nasional kepala daerah dalam ajang BWI Award 2022.

Penghargaan itu diberikan karena pencapaian dan kemajuan gerakan wakaf di Kabupaten Siak yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat.

Selain Bupati Siak, Rektor Institut Teknologi Surabaya, Institut Pertanian Bogor dan Gubernur Riau, H Syamsuar juga menerima penghargaan yang sama. Sementara BWI Provinsi Riau menerima BWI Award untuk kategori perwakilan BWI provinsi terbaik.

Piagam BWI Award 2022 itu diserahkan oleh Wakil Menteri Agama RI, Dr Zainut Tauhid Sa'adi kepada Bupati Siak Alfedri, disaksikan Ketua Pelaksana BWI, Prof Dr Ir Muhammad Nuh, bersempena pembukaan Rakornas BWI se-Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Grand Melia, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

Bupati Siak, Alfedri usai menerima penghargaan menyampaikan rasa syukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang ikut andil. Ia juga berharap penghargaan yang didapat ini menjadi penyemangat bagi seluruh lapisan masyarakat untuk semakin menghidupkan gerakan wakaf di Kabupaten Siak.

"Alhamdulillah atas capaian ini, tentu penghargaan ini saya dedikasikan bagi seluruh pengurus BWI dan umat Islam di Kabupaten Siak. Semoga menjadi penyemangat kita untuk semakin mencintai gerakan wakaf," cakap Alfedri.

Diketahui, BWI Siak sejak 2017 telah meluncurkan Gerakan Wakaf Rp1.000 sehari hingga sekarang, dan tercatat telah mengumpulkan dana hingga ratusan juta lebih.

Dana itu hasil kutipan dari tiap OPD di lingkungan pemerintah setempat secara rutin dan telah berjalan selama kurang lebih lima tahun.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza menyampaikan sebagian dana yang terkumpul telah digunakan untuk program keagamaan.

"Dari laporan terakhir, BWI Siak telah mengumpulkan dana dari gerakan wakaf sebanyak Rp673 juta lebih yang diperuntukkan untuk program pembangunan Rumah Toko (Ruko) milik Pondok Pesantren Darul Hadits sekaligus untuk membantu pembiayaan produktif lainnya di Ponpes itu," cakap Husni beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Sekretaris Umum BWI Kabupaten Siak, Wandi Utama menjelaskan teknis pengumpulan dana gerakan wakaf Rp1.000 sehari disalurkan melalui rekening maupun kotak wakaf yang disediakan BWI di masing-masing OPD.

Dasar pemikiran lahirnya gerakan wakaf itu berawal dari imbauan Menteri Agama untuk berinfak Rp1.000 pada bulan Ramadan yang memberikan manfaat besar. Dari itu lah Bupati Siak yang saat itu dijabat Syamsuar bersama Wabupnya Alfedri melaunching gerakan Rp1.000 sehari berjalan sampai sekarang.


Tulis Komentar