Politik

Hasil Pleno Verfak Perbaikan Sembilan Parpol, KPU Riau: Semua Memenuhi Syarat

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Tahapan Verifikasi Faktual (Verfak) perbaikan keanggotaan partai politik (Parpol) sudah berakhir. Di Riau, sembilan parpol yang menjalani Verfak perbaikan dinyatakan memenuhi syarat.

Anggota KPU Provinsi Riau Joni Suhaidi mengatakan, sembilan Parpol itu memang di awal, pada tahapan Verfak belum memenuhi syarat. Sembilan Parpol itu adalah Partai Gelora, Hanura, PSI, Partai Buruh, Garuda, PBB, PKN, Perindo, dan Partai Ummat.

"Terus masuk ke tahap verifikasi perbaikan, dan semuanya bisa memenuhi kekurangan dukungan tersebut sehingga sembilan Parpol itu sudah memenuhi syarat," kata Joni, Selasa (13/12/2022).

Joni menjelaskan, ketentuan memenuhi syarat Parpol sebagai peserta nasional itu harus memenuhi 100 persen di jumlah provinsi di Indonesia. Ia menambahkan, sedangkan untuk kota minimal 75 persen.

"Kalau di Riau harus memenuhi syarat di sembilan kabupaten/kota. Jadi kemarin itu dari sembilan Parpol ada yang hanya sampai enam atau tujuh kabupaten/kota dukungan yang memenuhi, makanya dilakukan verifikasi perbaikan," jelasnya.

Ia menambahkan, sejauh ini proses Verfak di Riau cukup kondusif, walau adanya konferensi pers Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, yang mengatakan partai besutannya tidak akan bisa ikut Pemilu 2024 karena ada upaya oknum tertentu tidak meloloskan partainya.

Dalam konferensi pers tersebut, seperti dikutip media-media mainstrem, Amien mengatakan, dirinya mendapat informasi KPU tidak akan meloloskan Partai Ummat.

"Video ini kami buat setalah mendapatkan informasi A1 yang valid bahwa pada 14 Desember 2022 nanti, seluruh partai baru dan non-parlemen akan diloloskan KPU kecuali Partai Ummat," kata Amien dalam keterangannya melalui video yang dibagian di akun Instagramnya, Selasa (13/12/2022).

Namun, kembali diterangkan Joni, untuk di Riau, Partai Ummat memenuhi syarat dan lolos Verfak.

"Di Riau sesuai dengan prosedur yang ada. Partai Ummat di Riau memenuhi syarat," kata dia.


Tulis Komentar