Legislator

Harumkan Nama Riau, 98 Siswa Berprestasi Terima Penghargaan dari Gubernur

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar memberikan penghargaan kepada 98 siswa-siswi mulai tingkat SD/MI dan SMA/MA dan SMP/MTs sederajat.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar memberikan penghargaan kepada 98 siswa-siswi mulai tingkat SD/MI dan SMA/MA dan SMP/MTs sederajat yang telah berhasil mengharumkan nama Provinsi Riau di kancah Nasional dan Internasional.

Penyerahan penghargaan kepada para siswa diserahkan langsung oleh Gubri kepada 98 siswa. Saat penyerahan, Gubri didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Riau, M Job Kurniawan dan Kepala Bidang SMA, Pahmijan di Balai Pelangi, Kediaman Dinas Gubernur Riau, Kamis (15/12/2022).

Gubri mengatakan, pemberian penghargaan kepada siswa prestasi tersebut sebagai apresiasi pemerintah provinsi terhadap siswa-siswi yang telah mengharumkan nama Provinsi Riau di kancah nasional dan internasional.

"Ini salah satu penghargaan kita kepada anak-anak yang telah berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Penghargaan kita berikan kepada siswa-siswi baik dari sekolah negeri, swasta, dan madrasah," ungkap Gubri.

Loading...

Selain itu, Gubri menyampaikan, penghargaan tersebut juga diberikan sebagai bentuk motivasi kepada para guru yang mengajar anak-anak menjadi siswa-siswi berprestasi.

"Tentu kita harapkan prestasi ini bisa ditingkatkan lagi di masa yang akan datang. Dan ini bagian motivasi, agar para guru berlomba-lomba meningkatkan kualitas masing-masing sekolah, sehingga ke depan anak-anak kita ini bisa bersaing dengan anak-anak seluruh Indonesia," harapnya.

Mantan Bupati Siak dua periode ini mengaku bangga karena banyak anak-anak Riau menoreh prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Bagi kami prestasi ini sangat membanggakan, dan bisa dibanggakan untuk Riau, karena anak-anak Riau bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

Di samping itu, Gubri juga menyampaikan, jika saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Riau tinggi. IPM tersebut sebagai indikator keberhasilan di bidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi.

"Indikator IPM ini lah yang menjadi acuan semua provinsi dan kabupaten serta kota yang ada di Indonesia. Jadi orang ingin melihat keberhasilan pendidikan dilihat dari IPM tersebut. Sekarang IPM kita naik hampir 2 persen," sebutnya.

"Alhamdulillah itu telah dibuktikan dengan anak-anak yang telah meraih prestasi. Itu lah yang kami harapkan yang diamanahkan menjadi pemimpin," tukasnya.

Untuk diketahui, kategori yang lomba yang dimenangkan para siswa-siswi diantaranya olympiade matematika, sains, seni, dan olahraga.

Dengan total perolehan 18 medali emas, 16 medali perak, dan 28 medali perunggu yang diraih oleh siswa - siswi Sekolah Negeri dan swasta tingkat SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK dan MA.

Adapun bonus yang diberikan oleh Pemprov Riau untuk siswa-siswi yang berhasil mencapai tingkat nasional emas atau juara I yaitu sebesar Rp6 juta, perak atau juara II Rp5 juta, perunggu Rp4 juta, harapan I Rp3,5 juta, harapan II Rp3 juta, dan harapan III Rp2,5 juta

Sedangkan untuk tingkat Internasional emas atau juara I yaitu Rp20 juta, perak atau juara II Rp15 juta, dan perunggu atau juara III Rp10 juta.

Adapun sumber dana hadiah berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau tahun 2022 melalui dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah Dinas Pendidikan Provinsi Riau.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar