Legislator

70 Bacaleg Partai Demokrat Pekanbaru Sangat Siap Menghadapi Pileg 2024

Ketua DPC Partai Demokrat Pekanbaru T Azwendi Fajri SE

PEKANBARU- Pimpinan DPRD Pekanbaru, yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Pekanbaru T Azwendi Fajri SE menegaskan, bahwa hingga hari ini, masyarakat sangat antusias ingin bergabung dan menjadi Bacaleg di partai berlambang Mercy ini. 

Bahkan sampai sekarang, Partai Demokrat Pekanbaru sudah melakukan tahapan-tahapan penjaringan Bacaleg.

Tahapan terakhir yakni, melakukan tahapan interview faktual atau verifikasi faktual. Ini dilakukan kepada 70 Bacaleg dari seluruh Dapil (daerah pemilihan) Kota Pekanbaru, atau masih 130 persen.

"Untuk keterwakilan perempuan, sudah tercapai sesuai aturan 30 persen. Bahkan beberapa Dapil di antaranya ada yang lebih, ada Dapil yang 40-50 persen," papar T Azwendi kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (31/1/2023). 

TERKAIT

Partai Demokrat Pekanbaru juga sudah lakukan uji publik, dan menerima masukan-masukan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk dari sosial media. Hal ini menjadi catatan-catatan khusus, yang nantinya akan ditindaklanjuti. 

Sebelumnya, saat tahapan uji publik, banyak yang disampaikan masyarakat kepada Bacaleg untuk harapan ke depannya. Dengan kondisi di lapangan hari ini yang dilaporkan, banyak masyarakat menitipkan amanah, bagaimana nanti Bacaleg Kota Pekanbaru bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat, seperti Jalan berlubang, banjir dan lainnya.

"Tentu ini menjadi masukan kita. Karena memang kita siapkan Bacaleg handal, yang siap memperjuangkan aspirasi masyarakat," sebutnya. 

Lebih lanjut disampaikan, sambil menunggu tahapan dari penyelenggara Pemilu, Bacaleg Partai Demokrat Pekanbaru mengisi kekosongan dengan turun ke masyarakat. 

Hal ini juga sering dengan melakukan survei, yang melibatkan tim survei independen yang berkompetan. 

"Saat ini memang kita siapkan Bacaleg 130 persen atau 70 orang. Nanti akan diseleksi lagi menjadi 100 persen atau 50 orang, yang siap bertarung di setiap Dapil," tegasnya. 

Disinggung mengenai sistem Pemilu masih digodok di Mahkamah Konstitusi (MK), apakah menganut sistem proporsional terbuka atau tertutup, legislator senior ini belum bisa menjelaskan secara terbuka. Namun Partai Demokrat sangat menginginkan sistem Pemilu proporsional terbuka. 

"Artinya, dalam situasi sekarang di MK, Demokrat Pekanbaru tak sejauh itu bisa memberikan kontribusi. Kami hanya bisa  memberikan kekuatan dorongan lewat DPD dan DPP Demokrat," aku Azwendi. 


Tulis Komentar