Legislator

Dewan Minta Pj Walikota Buat Surat Edaran, Selama Ramadan Saat Azan Semua Aktivitas Dihentikan

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri

PEKANBARU- Bulan Ramadan tinggal sepekan lagi. Agar ibadah Ramadan makin khusyuk dan nyaman, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE membuat gebrakan dan inovasi, soal kegiatan selama Bulan Puasa tersebut. 

Politisi senior Partai Demokrat ini menyarankan kepada Pemko Pekanbaru, agar membuat surat edaran kepada semua pihak, bahwa di saat azan berkumandang, wajib menghentikan seluruh aktivitas masyarakat.

"Selama ini, ketika masuk bulan suci Ramadan, Surat Edaran Wali Kota Pekanbaru hanya mengenai rumah makan yang buka di siang hari, tempat hiburan malam, dan sebagainya. Belum ada perintah untuk menghentikan kegiatan di saat azan berkumandang. Makanya, kita minta Wali Kota surat edaran untuk hal ini. Setelah itu, baru melanjutkan aktivitas setelah ibadah sholat selesai," saran Azwendi, Kamis (16/3/2023)

Disampaikan Azwendi, surat edaran yang dimaksudkan, dapat menitik beratkan kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru. Baik aktivitas di kantor maupun pelaku usaha, wajib menghentikan seluruh aktivitas mereka saat adzan berkumandang. 

Tujuannya semata-mata, agar umat muslim dapat menjalankan ibadahnya tepat waktu, dan setelah ibadah sholat selesai silahkan lanjutkan kembali aktivitasnya.

Legislator ini juga mengharapkan, agar Pemko ikut mensi'arkan kegiatan yang bersifat ibadah lainnya selama Bulan Puasa. Seperti halnya usai sholat, diisi dengan ceramah singkat. 

"Bahkan, kita juga minta juga Pemko dapat memfasilitasi para pengurus masjid untuk mendatangkan ustadznya. Dengan begitu, suasana Ramadan akan benar-benar terasa," pintanya. 

Lebih dari itu, dia juga meminta Pemko membuat tata kelola dan pengaturan mengenai pengelolaan pasar Ramadan . 

"Kita lihat selama bulan Ramadan, selalu banyak pasar kaget yang menjual takjil untuk berbuka. Ini juga harus diperhatikan oleh Pemko, dengan membuat surat edaran kepada instansi terkait, untuk memantau dan mengatur para pedagang. Tentu saja agar dapat tertib dan tidak berserakan. Termasuk memantau kehigienisan takjilnya," harapnya. 


Tulis Komentar