Legislator

Jabatan Pj Wako Pekanbaru Diperpanjang, Sigit Nilai Muflihun Pemimpin Tegas

Sigit Yuwono

GILANGNEWS - Muflihun sudah resmi menjabat selaku Pj Wali Kota Pekanbaru untuk satu ke depan. Penyerahan SK perpanjangannya langsung dipimpin Gubernur Riau, Syamsuar, Selasa (23/5/2023), di Balai Serindit Gubernuran Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Setelah menerima SK, beberapa pekerjaan yang sudah masuk program kerja 2023 menanti. Ada beberapa skala prioritas yang harus dilakukan oleh Pj Wali Kota Muflihun, pasca diperpanjangnya SK-nya.

Politisi senior DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST, memberikan masukan terkait apa yang harus dilakukan Pj Wako Muflihun.

Mulai skala prioritas yang harus segera dilaksanakan mulai hari ini, yakni mengenai perbaikan jalan-jalan di kota Pekanbaru yang sudah banyak berlubang, menyelesaikan persoalan banjir, serta dapat menjaga hubungan harmonis dengan masyarakat Pekanbaru.

"Saya rasa tidaklah terlalu sulit lagi bagi Pak Pj Muflihun, untuk menyelesaikan persoalan kota ini. Karena dia hanya melanjutkan apa yang sudah dikerjakan selama satu tahun belakangan ini," katanya.

"Gesa program yang sudah dikerjakan, dan jangan lari dari program yang sudah diperintahkan oleh Gubernur dan Pemerintah Pusat," saran legislator tiga periode ini.

Disampaikan, beberapa skala prioritas yang sudah ditetapkan, segera diselesaikan. Karena ini merupakan kegiatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Jika ini tidak diselesaikan, tentu masyarakat akan terus berteriak.

Sementara itu, untuk persoalan banjir, sebut Sigit Yuwono, hal ini memang tidak mudah untuk diselesaikan. Perlu kerja keras dan tidak seperti membalikkan telapak tangan.

Intinya, tidak akan mampu pemerintah Kota Pekanbaru sendiri menyelesaikannya, namun perlu ada singkronisasi dengan Pemprov Riau dan Pusat, sehingga penuntasan banjir dapat benar-benar terwujud.

Disaran Sigit lagi, Pj Wali Kota ke depannya, mesti harus lebih berani untuk menegur ASN dan OPD di Pemko Pekanbaru. Terutama OPD yang tidak mampu untuk mengerjakan instruksinya.

"Jangan sampai Wali Kota lari 100 KM/jam, ASN hanya lari 10 KM/jam. Ini tentunya tidak akan dapat memperbaiki Pekanbaru," paparnya.

Disamping itu juga, ASN dan OPD harus segera bertindak mengatasi persoalan kota sebelum masyarakat ribut. Contohnya, beberapa waktu lalu sempat viral jalan berlubang di lperbaiki oleh masyarakat. Harusnya ini tidak boleh terjadi, karena OPD harus menyelesaikan pekerjaan jangka pendek dan jangka panjang.

Jangka pendeknya tentu tambal sulam, jangka panjang dengan overlay. Jangan masyarakat hanya diberikan dengan janji-janji yang tidak pasti dan korban terus bermunculan.

"Saya sebelumnya, mengucapkan selamat atas dipilihnya kembali Muflihun sebagai Pj Wali Kota. Dia merupakan sosok pemimpin yang tegas dan tidak ragu dalam mengambil keputusan. Selamat bertugas kembali, dan jangan bosan untuk mendengar kritikan dari kami," harapnya. 


Tulis Komentar