Legislator

Catatan Sempena HUT Kota Pekanbaru ke-239, Ketua DPRD Akui 3 Program Unggulan Pj Wako Sudah Berjalan Baik

Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST (kiri), berpakaian pilot penerbang bersama Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Dandim 0301/PBR Kol Inf Nur Rohman Zein, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, Kadispers Lanud Kol Adm Efrizal Syah, di Lanud Pekanb

PEKANBARU- Kota Pekanbaru pada Jumat (23/6/2023) mendatang, akan berumur 239 tahun. Sudah banyak progres infrastruktur pembangunan yang sudah dicapai. Termasuk juga sektor lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, UMKM dan hal-hal yang menyentuh masyarakat lainnya.

Meski demikian, DPRD Pekanbaru selaku mitra kerja Pemko, tetap memberikan catatan khusus, sempena hari jadi kota ini. Terutama kepada tiga program unggulan, yang menjadi fokus utama yang harus diselesaikan.

Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST menjelaskan, bahwa secara umum ada tiga catatan DPRD kepada Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Pertama masalah jalan berlubang, banjir dan sampah.

"Khusus sampah, dalam pandangan kami untuk mengelola sampah ini bukan hanya eksekutif saja. Tapi harus melibatkan Forkopimda, yang mana di dalamnya ada Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Lanud dan Kopasgat," terang Sabarudi Senin (19/6/2023).

Secara pribadi, tambah Sabarudi, dirinya merasakan kerjasama ini sudah dilaksanakan. Kerjasama yang dimaksud satu di antaranya mengatasi masalah sampah.

Diketahui, mengatasi masalah sampah ini ada kaitannya dengan masalah banjir  Jika sampah tidak dikelola dengan baik, maka dapat menyebabkan banjir.

"Jadi saya melihat kerjasama dengan Forkopimda ini, sudah jalan. Seperti beberapa waktu lalu ada TNI yang turun membersihkan sampah, membersihkan drainase yang tersumbat. Artinya secara umum sudah berjalan dengan baik. Apalagi di APBD kita tahun 2023 ini, anggaran untuk ini disiapkan," paparnya.

Lebih lanjut disampaikan, mengenai jalan rusak atau berlubang, itu sudah dimulai dari APBD tahun 2022 lalu. Prosesnya mulai dari pengadaan, proses lelang dan kontrak, dan tahun 2023 ini baru dijalankan.

"Hasilnya kita lihat sekarang ini, beberapa jalan rusak sudah diperbaiki. Tambal sulam juga demikian, sudah diperbaiki ratusan titik. Sedang untuk jalan rusak lainnya, sedang progres perbaikan. Artinya kita lihat di akhir tahun nanti hasilnya secara menyeluruh," sebutnya.

Sementara itu, untuk program lainnya yakni penanganan banjir, lanjut Sabarudi, bahwa diakui banyak titik yang harus diselesaikan. Dari catatan pihaknya, hampir ratusan titik yang sudah dibenahi.

Namun ini perlu proses bertahap untuk menyelesaikannya. Secara umum proses itu sudah mulai dilaksanakan. Tentunya, DPRD berharap proses tersebut perlu percepatan secara signifikan.

"Perlu kami sampaikan, kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk semua program ini harus dapat terlaksana. Ini demi Kota Pekanbaru yang terus berkembang dan perlu kerjasama semua pihak," harapnya.

Saat disinggung apa sumbang saran khusus Ketua DPRD Pekanbaru kepada Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, disampaikan bahwa di hari jadi Kota Pekanbaru tahun 2023 ini, Pemko bisa meningkatkan dari sektor pelayanan.

"Sumbang saran kita kepada Pemko, karena kita pelayan masyarakat, Pemko dan DPRD adalah pelayan masyarakat. Maka kita mesti memaksimalkan pelayanan. Satu di antaranya dengan melakukan inovasi, kreasi, kreatifitas bagaimana pelayan ini dapat cepat, murah dan seterusnya," pinta Politisi PKS ini lagi. 


Tulis Komentar