Riau

Mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Unri Desa Rambah Baru Gelar Perlombaan Perayaan Tahun Baru Islam 1445 H

ROHUL - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Membangun Kampung Universitas Riau (Unri) Tahun 2023 Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar Perlombaan Perayaan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah.

Perlombaan tersebut dipusatkan di Masjid Baitul Makmur. Perlombaan ini diikuti oleh Siswa/i kelas 1 hingga 6 SD Negeri di Desa Rambah Baru, Minggu (23/07/2023).

Pada Kegiatan Perayaan 1 Muharram 1445 Hijriyah ini terdapat 3 perlombaan yang di khususkan untuk anak Sekolah Dasar (SD). Adapun perlombaannya seperti Tartil Qur'an, Hafalan Surah Pendek dan Adzan.

Ketua Kukerta Desa Rambah Baru tahun 2023 Salsa Nurul Fajri menyampaikan, perayaan tahun baru Islam 1445 Hijriyah ini merupakan salah satu program kerja selama pelaksanaan kukerta.

Dalam kegiatan ini terdapat 3 lomba yang diperlombakan. Yang pertama; lomba tartil quran. Kedua; lomba tahfiz quran dan yang ketiga; lomba adzan.

Untuk lomba Tartil Qur'an dengan membaca (Q.S. Al-Baqarah: 148-150) dan jumlah peserta 24 orang. Kemudian lomba Tahfiz Qur'an dengan hafalan surah antara Q.S. At-Takatsur-Q.S. An-Naas dan diikuti oleh 13 peserta. Sedangkan lomba Adzan dengan mengumandangkan Adzan Subuh diikuti oleh 18 peserta.

Acara berlangsung mulai dari pembukaan pada pukul 09:00  WIB hingga pembagian hadiah kepada peserta yang menang pukul 15:00 WIB.

Ketua pelaksana perlombaan 1 Muharram 1445 Hijriah, Sultan Rafliansyah Harahap mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa kukerta membangun Desa Rambah Baru untuk menyambut tahun baru Islam.

"Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak Desa Rambah Baru menjadi insani yang madani, berjiwa teguh serta memiliki iman yang kokoh," ujar Sultan Sembari menyampaikan, anak-anak Sekolah Dasar Desa Rambah Baru sangat antusias mengikuti perlombaan 1 Nuharram 1445 Hijriah ini.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Rambah Baru dan seluruh panitia yang terlibat, sehingga acara perlombaan ini sukses hingga akhir acara," ucapnya.(snf)


Tulis Komentar