Legislator

8 Ruas Jalan di Tahun 2023 Selesai Diperbaiki Pemko Pekanbaru, Dewan Berharap 2024 Dilanjutkan

PEKANBARU- Pemko Pekanbaru sudah menyatakan komitmennya, untuk memperbaiki beberapa jalan yang rusak di Kota Pekanbaru tahun depan (2024). Terutama jalan-jalan yang rusaknya dalam kondisi parah, nantinya akan dioverlay. 

Seperti halnya Jalan Dharma Bakti, Jalan Cipta Karya, Jalan Taman Karya dan lainnya. Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun bahkan mengatakan, bahwa Pemko Pekanbaru sudah menyiapkan anggarannya di APBD 2024, yang kini masih dibahas di DPRD Pekanbaru. 

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Robin Eduar SE MH, mendukung komitmen Pemko tersebut. Apalagi perbaikan jalan merupakan program prioritas, dan banyak dikeluhkan masyarakat. 

"Tentu ini harus kita dukung. Sekarang kan anggarannya sedang kita bahas. Kita juga akan dorong OPD terkait, bagaimana titik yang jadi prioritas, harus dikerjakan tahun depan," tegas Robin Eduar kepada media, Rabu (4/10/2023). 

Sebagai bentuk komitmen Pemko tahun 2023 ini saja, tambah Robin Eduar, setidaknya 8 ruas jalan sudah diperbaiki overlay. 6 ruas jalan di antaranya dioverlay menggunakan APBD Pekanbaru 2023, yakni Jalan Suka Karya, Jalan Delima, Jalan Paus, Kartama/Inpres, Jalan Rambutan yang hanya tinggal membuat marka jalan, serta Jalan Dahlia yang pekan depan mulai dikerjakan. 

Khusus Jalan Dahlia ini dipastikan menjadi jalan yang terakhir, diperbaiki sistem overlay diperbaiki tahun 2023 ini, dengan menelan anggaran Rp 4 miliar. 

Sementara itu, untuk 2 jalan di Kota Pekanbaru yang diperbaiki menggunakan Bankeu Provinsi Riau, masing-masing Jalan Parit Indah dan Jalan Pemuda. Sebenarnya, dana Bankeu Provinsi memperbaiki tiga ruas jalan,  termasuk di antaranya Jalan Tanjung. 

"Memang dari APBD Perubahan 2023, Pemko tidak bisa overlay lagi karena kekurangan anggaran. Tapi tetap diperbaiki menggunakan dana OP, tentu dengan tambal sulam," paparnya. 

Meski begitu, Komisi IV DPRD tetap mengawal dan mendorong Pemko Pekanbaru, agar komit untuk memperbaiki jalan rusak tahun depan. 

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengatakan, bahwa pihaknya masih fokus pada perbaikan jalan rusak di kota ini. Pemko bahkan sudah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan di tahun 2024 nanti.

Disampaikan, ada beberapa ruas jalan yang diusulkan untuk diperbaiki pada tahun depan. Karena itu, Pj Wako meminta masyarakat bersabar, karena perbaikan jalan itu butuh anggaran dan proses.

"Tahun depan itu ada beberapa ruas jalan besar yang kita perbaiki, termasuk Jalan Cipta Karya, Taman Karya, Dharma Bakti, karena tahun ini anggaran kita terbatas. Tapi untuk tahun depan sudah kita anggarkan," janjinya. 


Tulis Komentar