Legislator

Komisi IV DPRD Pekanbaru Desak Tiga OPD Serius Cegah Banjir: "Pasukan Kuning Harus Rutin Diterjunkan!"

Nurul Ikhsan

GILANGNEWS.COM - Komisi IV DPRD Pekanbaru memperingatkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk meningkatkan langkah pencegahan banjir di sejumlah titik kritis. Ketua Komisi IV, Nurul Ikhsan, menyebutkan perlunya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ketiga terkait, yaitu Dinas PUPR, Dinas Perkim, dan DLHK Kota Pekanbaru, untuk secara aktif mengerahkan "pasukan kuning" guna membersihkan saluran air yang berpotensi menyebabkan banjir.

“Kami selalu menyampaikan kepada kawan-kawan yang ada di OPD terkait untuk mengantisipasinya dengan selalu menurunkan pasukan kuning untuk membersihkan jalur-jalur  air yang sekiranya menjadi pusat terjadinya banjir ini, terkadang ada penyumbatan dari drainase sehingga tidak lancar,” ungkap Nurul Ikhsan pada Selasa (28/11/2023).

Nurul menyampaikan kekhawatirannya terkait kondisi banjir yang masih menghantui masyarakat Pekanbaru. Dia menyoroti seluruh penjuru Kota Bertuah disaat hujan turun seringkali mengakibatkan kemacetan total ternyata ini disebabkan di beberapa titik sudah ada banjir yang sampai kebadan jalan.

“Ketika hujan turun selama satu-dua jam, kondisi jalanan di Kota Bertuah ini langsung macet total dan rupanya terjadi banjir ” tambahnya.

Lebih lanjut, Nurul memperingatkan bahwa kawasan yang sebelumnya tidak pernah terkena banjir kini juga terdampak. Dia mendesak Pemko Pekanbaru, terutama Pejabat Walikota, untuk terus mengingatkan OPD terkait agar secara rutin memeriksa aliran drainase menuju sungai-sungai terbesar seperti Sungai Kampar, Sungai Sail, dan Sungai Siak.

Politisi Gerindra ini juga meminta kerjasama antara Pemko Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi Riau untuk menangani titik-titik banjir di daerah perbatasan Pekanbaru-Kampar. Fokusnya adalah di kawasan Jalan Soekarno-Hatta Pekanbaru yang sering kali menjadi titik rawan banjir.

“Sampai hari ini, belum ada penyelesaian bagaimana penanganan banjir di wilayah perbatasan Pekanbaru dan Kampar ini bisa teruraikan dengan baik,” tandas Nurul Ikhsan.


Tulis Komentar