Legislator

Nurul Ikhsan Desak Pemko Kembalikan Sistem Pengelolaan Sampak ke Swakelola

Nurul Ikhsan

GILANGNEWS.COM - Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Nurul Ikhsan, mengangkat isu serius terkait pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru, menyatakan keprihatinannya terhadap kinerja pihak ketiga yang dipercayakan mengelola sampah hingga tahun 2024. Dalam sebuah pernyataan, Nurul Ikhsan menyebut bahwa saatnya Pemko Pekanbaru mempertimbangkan kembali sistem swakelola untuk mengatasi masalah yang telah berlarut-larut.

"Saya sangat menyayangkan bobroknya kinerja perusahaan pengelola sampah selama lima tahun terakhir. Ini merupakan momen yang tepat bagi Pemko Pekanbaru untuk mengambil alih kembali pengelolaan sampah dengan sistem swakelola," tegas Nurul Ikhsan.

Menurut Nurul Ikhsan, pengelolaan sampah secara mandiri oleh pemerintah adalah langkah yang bijak, terutama mengingat beberapa tahun terakhir kinerja perusahaan pemenang lelang angkutan sampah dinilai kurang memuaskan. Dia mendesak agar keputusan ini tidak hanya didasarkan pada pertimbangan finansial, tetapi juga dampak positif yang dapat dihasilkan untuk lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

"Jangan hanya melihat anggaran, tapi juga dampak jangka panjang. Pengelolaan yang baik bisa menjadi prestasi yang luar biasa untuk kota," ujar Nurul Ikhsan.

Dalam koordinasinya dengan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Nurul Ikhsan mendapatkan informasi bahwa percobaan pengembalian ke sistem swakelola direncanakan akan dilakukan di triwulan pertama tahun depan. Ini menjadi langkah awal untuk melihat sejauh mana efektivitas dan keberlanjutan pengelolaan mandiri.

Terlepas dari tantangan dan perubahan yang mungkin terjadi, Nurul Ikhsan yakin bahwa dengan swakelola yang benar-benar baik, Kota Pekanbaru dapat kembali meraih prestasi, termasuk meraih kembali Piala Adipura. Dengan tekadnya, Nurul Ikhsan berharap bahwa Pemko Pekanbaru akan merespons positif terhadap aspirasi masyarakat dan memprioritaskan kembali sistem swakelola untuk keberlanjutan lingkungan yang lebih baik.


Tulis Komentar