Riau

Penambahan Bukaan Pintu Pelimpah PLTA Koto Panjang, Masyarakat Siaga Banjir

KAMPAR - Manajer PLTA Koto Panjang Cecep Sofhan mengatakan, pihaknya kembali membuka pintu pelimpah air waduk (Spillway gate) pada Selasa (19/12/2023). Pembukaan pintu pelimpah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan tinggi muka air sungai.

"Maka kami informasikan akan melakukan penambahan bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway gate) yang sebelumnya telah dilakukan pembukaan 5 pintu x 70 cm akan ditambah bukaan pintu pelimpah sebesar 5 pintu x 40 cm sehingga total bukaan pintu 5 pintu x 110 cm," kata Cecep.

Pembukaan pintu pelimpah akan dilakukan pada pukul 11.00 WIB. Cecep memperkirakan akan terjadi peningkatan tinggi muka air sungai setinggi 40 centimeter dari kondisi terakhir.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur mengatakan, pihaknya bersiaga terkait penambahan bukaan pintu pelimpah air PLTA Koto Panjang tersebut.

"Penambahan bukaan pintu pelimpah PLTA Koto Panjang, kita harapkan masyarakat di daerah sepanjang Sungai Kampar siaga banjir. Kita juga bersiaga," tukasnya.

BPBD Riau mengimbau kepada masyarakat di sepanjang Sungai Kampar untuk meningkatkan kewaspadaan dan siaga banjir. Masyarakat diminta untuk memantau informasi dari BMKG dan BPBD setempat.


Tulis Komentar