Riau

RSJ Tampan Riau Siapkan Poli Khusus untuk Caleg Gagal, Antisipasi Gangguan Kejiwaan Pasca-Pileg

RSJ Tampan Provinsi Riau

GILANGNEWS.COM - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau bersiap menghadapi kemungkinan adanya calon legislatif (Caleg) yang mengalami kegagalan di berbagai kabupaten kota se-Riau pada pemilihan legislatif (Pileg) yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024 mendatang. Dalam rangka antisipasi, RSJ Tampan akan memperkuat poli khusus yang bertujuan sebagai pusat konsultasi bagi pasien yang mengalami gangguan jiwa.

Direktur RSJ Tampan Provinsi Riau, Zainal Arifin, menjelaskan bahwa poli khusus ini dirancang khusus untuk memberikan konsultasi kepada calon legislatif yang mungkin mengalami tekanan dan gangguan kejiwaan pasca-Pileg. "Mungkin nanti kita akan menyiapkan poli-poli khusus, karena biasanya mereka (caleg gagal) akan melakukan konsultasi. Poli khusus ini seperti pusat konsultasi untuk yang bermasalah terhadap gangguan kejiwaan. Jadi poli konsultasi ini yang diperkuat," ujar Zainal pada Selasa (16/1/2024).

RSJ Tampan Riau saat ini telah memiliki delapan dokter spesialis jiwa yang akan memperkuat poli khusus untuk menangani caleg yang membutuhkan bantuan. "Makanya dokter-dokter yang menangani ini juga sudah kita ingatkan dari sekarang. Sebab kemungkinan itu (caleg depresi) pasti ada. Jadi poli khusus ini yang kita lakukan penguatan," tambah Zainal.

Meskipun demikian, Zainal menekankan bahwa RSJ Tampan tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien, tanpa terlalu menyoroti momen Pileg. "Jadi ada tidak ada caleg juga kita berusaha memberikan pelayanan terbaik. Seperti yang sudah-sudah, tidak terlalu ada lonjakan pasien yang masuk setelah Pileg. Karena mereka kan sebelum juga sudah melakukan cek kesehatan," ungkapnya.

Sebagai catatan, pemilihan legislatif (Pileg) dijadwalkan pada 14 Februari 2024, yang bersamaan dengan pemilihan presiden (Pilpres). RSJ Tampan Riau berharap upaya antisipatif ini dapat memberikan dukungan maksimal kepada para caleg yang mungkin mengalami tekanan psikologis setelah proses pemilihan.


Tulis Komentar