Riau

Belasan TPS di Riau Lakukan PSU, Ini Daerahnya

Bawaslu ingin memastikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Provinsi Riau dapat berjalan lancar. Untuk itu, pihaknya telah memantau persiapan PSU di Kabupaten Bengkalis, tepatnya di TPS 04 Kelurahan Babussalam, Kecamatan Mandau.

"Kita sudah pantau di salah satu TPS di Mandau dan teman teman penyelenggara sudah siap untuk melaksanan PSU," katanya, Jumat (16/2/2024).

Alnof mengatakan memang dalam aturan, pelaksanaan PSU bisa dilakukan dalam batas waktu 10 hari setelah hari pencoblosan.

"Tapi kita bersepakatan dengan KPU jika memang lebih cepat akan lebih baik," katanya.

"Kita terus memantau, karena PSU kan memang dilakukan hanya sekali. Tidak ada PSU lanjutan, jadi tetap harus berjalan baik," imbuhnya.

Disinggung mengenai mengapa belasan TPS di Riau akan dilangsungkan PSU, Alnof mengatakan ada beberapa sebab, diantaranya mencoblos dua kali.

"Ada yang mencoblos dua kali, ada pula yang tak punya hak pilih karena bukan KTP Riau, tak terdaftar DPT, maupun DPK dapat mencoblos. Ya karena kelalaian penyelenggara, makanya diulang," Cakapnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 14 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Riau akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024.

Ketua KPU Riau, Ilham Yasir mengatakan bahwa adapun 14 TPS tersebut tersebar di beberapa daerah di Riau.

"Untuk Pemungutan suara ulang, dari data terkahir sekitar 14 TPS. Di Bengkalis 3, Meranti 1, Rohil 1, Inhil 1. Siak 1, Dumai 6," kata Ilham Yasir, Jumat (16/2/2024).

Berikut rincian TPS yang akan digelar PSU :

1. Pelalawan: Pemungutan suara ulang direncanakan di TPS 36 Kelurahan Pangkalan Kerinci.

2. Rokan Hilir: TPS 11 Kelurahan Banjar XII Kecamatan Tanah Putih akan menggelar pemungutan suara kembali.

3. Inhu: TPS 12 Kelurahan Danau Rambai Kecamatan Batang Gangsal akan melaksanakan pemungutan suara ulang.

4. Bengkalis: Pemilih di TPS 04 Kelurahan Babussalam Kecamatan Mandau dan TPS 11 Desa Tengganau Kecamatan Pinggir akan kembali memberikan suara mereka.

5. Siak: Dijadwalkan pemungutan suara ulang di TPS 46 Desa Tualang Kecamatan Tualang.

6. Dumai: Berbagai TPS akan menggelar pemungutan suara ulang, termasuk TPS 10 dan TPS 16 di Desa Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur, TPS 06 Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur, TPS 01 Kelurahan Guntung Kecamatan Medang Kampai, TPS 02 Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan, dan TPS 09 Kelurahan Dumai Kota Kecamatan Dumai Kota.

7. Kepulauan Meranti: TPS 05 Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur juga akan mengadakan pemungutan suara ulang.

8. Inhil: Pemilih di TPS 11 Desa Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan dan TPS 001 Sungai Nyiur Kecamatan Tanah Merah akan kembali ke TPS untuk memberikan suara mereka.


Tulis Komentar