Legislator

PPDB Pekanbaru: Calo Minggir! Sekolah Swasta Gratis Menanti!

Aidil Amri

GILANGNEWS.COM - Kota Pekanbaru bersiap menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang. PPDB tingkat SMP akan dilaksanakan pada 26-29 Juni 2024, sementara tingkat SD akan menyusul pada 1-4 Juli 2024. Dengan komitmen kuat terhadap transparansi dan pemerataan akses pendidikan, sistem PPDB online diharapkan dapat menjadi solusi bagi tantangan pendidikan di kota ini.

Inovasi PPDB Online dan Kolaborasi dengan Sekolah Swasta

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Aidil Amri, S.Sos, mengungkapkan bahwa pemerintah telah berkomitmen penuh terhadap pelaksanaan PPDB online, mulai dari tingkat SD hingga SMP. Bagi masyarakat di daerah pinggiran yang mungkin kesulitan mengakses internet, disediakan opsi pendaftaran manual di sekolah yang dituju.

Salah satu terobosan menarik dalam PPDB tahun ini adalah kerjasama antara Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru dengan empat sekolah swasta unggulan, yaitu SMP Tri Bhakti, SMP YLPI, SMP Telkom, dan SMP Taruna. Kolaborasi ini memungkinkan siswa yang diterima di sekolah swasta tersebut mendapatkan perlakuan yang sama dengan siswa di sekolah negeri, termasuk pembebasan biaya pendidikan.

"Kami menyambut baik inovasi ini dan memberikan apresiasi kepada Disdik Pekanbaru. Kerjasama dengan sekolah swasta akan memberikan lebih banyak pilihan bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikan di kota ini," ujar Aidil Amri.

Pentingnya Optimalisasi Server dan Kelistrikan

Untuk memastikan kelancaran PPDB online, DPRD Pekanbaru meminta Disdik untuk memaksimalkan kapasitas server agar tidak terjadi kendala teknis selama proses pendaftaran. Selain itu, koordinasi dengan PLN juga dilakukan guna menjaga stabilitas pasokan listrik di seluruh wilayah Pekanbaru.

"Kami berharap semua pihak dapat bekerja sama demi suksesnya PPDB online ini. Keberhasilan PPDB akan berdampak positif pada kualitas pendidikan generasi muda Pekanbaru," tambah Aidil Amri.

Peringatan Terhadap Praktik Percaloan

Menjelang PPDB, Aidil Amri juga mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak dalam praktik percaloan yang mungkin muncul. Ia menegaskan bahwa seluruh proses PPDB online ini gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun. Bagi masyarakat yang kurang mampu, Disdik Pekanbaru bahkan menyediakan bantuan khusus.

"PPDB online ini adalah kesempatan bagi semua anak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Jangan biarkan praktik percaloan mencederai semangat pemerataan akses pendidikan," tegas Aidil Amri.

Dengan berbagai inovasi dan upaya yang dilakukan, PPDB online Pekanbaru diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan harapan baru bagi peningkatan kualitas pendidikan di kota ini.

 


Tulis Komentar